24 September, 2008

Hukum Ucapan Selamat (Tahniah) Hari Raya

Ucapan Selamat (Tahniah) Hari Raya

Al-Hafidh Ibnu Hajar Al-‘Asqalani dalam Fathul-Bari 2/310 mengatakan : “Kami meriwayatkan dari guru-guru kami dalam Al-Mahamiliyyat dengan sanad hasan dari Jubair bin Nufair, beliau berkata :

عن جبير بن نفير قال كان أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا التقوا يوم العيد يقول بعضهم لبعض : تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكَ

Para shahabat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam apabila mereka saling jumpa pada hari raya, sebagian mereka mengucapkan pada lainnya : “Taqabbalalloohu minnaa wa minka” (Semoga Allah menerima amalanku dan amalanmu).

Ibnu Qudamah Al-Maqdisi dalam Al-Mughni 3/294-295 menyebutkan :

أن محمد بن زياد قال‏:‏ كنت مع أبي أمامة الباهلى وغيره من أصحاب النبي - صلى الله عليه وسلم- فكانوا إذا رجعوا من العيد يقول بعضهم لبعض‏:تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكَ وقال أحمد‏:‏ إسناد حديث أبي أمامة إسناد جيد

“Bahwasannya Muhammad bin Ziyad pernah berkata : Aku pernah bersama Abu Umamah Al-Bahily dan selainnya dari kalangan shahabat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam; apabila mereka kembali dari ‘Ied, sebagian mereka mengucapkan kepada sebagian yang lain : “Taqabbalalloohu minnaa wa minka” (Semoga Allah menerima amalanku dan amalanmu). Imam Ahmad berkata : Isnad hadits Abu Umamah jayyid (bagus)”.

Adapun ucapan selain yang dicontohkan tersebut, hendaknya kita tinggalkan dan kita gantikan dengan yang dicontohkan. Allah telah berfirman :

أَتَسْتَبْدِلُونَ الّذِي هُوَ أَدْنَىَ بِالّذِي هُوَ خَيْرٌ

“Maukah kamu mengambil yang rendah sebagai pengganti yang baik” (QS. Al-Baqarah : 61).
http://abul-jauzaa.blogspot.com/2008/09/ringkasan-hukum-hukum-dalam-bulan_05.html

Bagikan

Jangan lewatkan

Hukum Ucapan Selamat (Tahniah) Hari Raya
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Diberdayakan oleh Blogger.