04 Januari, 2011

Pentingkah PSU dalam sebuah PC?



  • System tidak stabil,
  • Sering hang.
  • Harddisk susah detek (kadang Detek kadang tidak ) dan mudah rusak karena komponen ini paling peka terhadap perubahan Voltase
  • Kemampuan Overclok kurang.
  • Panas Procesor dan Chipset berlebih
  • Mengurangi umur bahkan merusak perangkat CPU lainnya.

Itulah sederet masalah yang akan kita dapati jika ada masalah dalam PSU kita. Banyak orang masih meremehkan keberadaan Komponen Komputer yang satu ini, hal ini keliru jika kita mengtahui fungsi sebenarnya dari PSU itu sendri, benar sekali bahwa PSU pastinya bertugas menghantarkan atau mensuply kebutuhan power (arus listrik) seperangkat komponen dalam sebuah PC, namun taukah kita apa yang terjadi jika fungsi tersebut tidak berjalan semestinya?

PSU dalam sebauh system PC bertindak seperti organ jantung dalam tubuh manusia, fungsinya sama, kalau Jantung bagi manusia berfungsi memompa dan mendistribusikan darah keseluruh anggota tubuh, jika ada salah satu jalur tersumbat sedikit saja, kita akan mengalami ketidak-normalan dalam jaringan tubuh kita, begitu juga dengan PSU dalam PC, berfungsi menghantarkan kebutuhan arus listrik kesemua komponen PC sesuai dengan kebutuhannya, kalau fungsi ini tidak berjalan normal gejala yang kita rasakan saat menggunakan PC seperti point diatas yang pada akhirnya dapat merusak komponen yang lain dalam PC tersebut.


Salah Kaprah Dalam PSU

  1. PSU yang berdaya (Watt) besar selalu lebih baik dari pada PSU yang dayanya lebih kecil
    Belum tentu juga, sebab banyak ada beberapa factor yang menjadikannya lebih baik atau lebih buruk, tergantung dari efisiensi PSU, Riple PSU, percuma mempunyai Watt (daya) yang besar namun riplenya tidak aturan (baca; berlebihan atau besar), malah hal ini bisa merusak komponen yang lain, naik turunya voltase hasil output dari PSU yang terlalu sering naik turun (nomalnya kurang lebih 5% ato dibatas aman maksimal 5% jika lebih buang saja  )
  2. Multiple Rail Lebih bagus Dibanding Singgle Rail
    Dalam keadaan tertentu Multiple Rail justru tidak baik dibanding dengan single Rail, hal ini terjadi ketika Daya (Watt) dari salah satu Rail terlalu kecil untuk dibagi contoh misalnya total +12v adalah 35A dibagi menjadi +12V1 25A dan +12V2 10A apabila rail +12V2 dipakai untuk konektor VGA yang memerlukan daya besar untuk VGA terkini sekarang kebutuhannya Minim 400Watt (MSI 460GTX HAWK. Perlu juga diperhatikan seberapa besar kebutuhan pada komponen tersebut, mampukan menangani kebutuhan minimum dari komponen itu.
  3. PSU 450W bisa mengangkat 650W ?
PSU yang bisa mengangkat sistem lebih besar dari kapasitasnya berarti bagus. Hal seperti ini perlu diluruskan kejalan yang benar karena kesatan dholalah (hihihi), pengalaman pribadi hal ini saya alami dengan PSU *rs*s 450w bisa mengangkat beban PC saya yang termasuk berat, MB Msi P45NEO3-FR, HDD 3, DVD 1, Memori 4Gb (2x2Gb), CPU Core 2 Quad Q820, VGA MSI 260GTX Twin Force OC. Wawwww hebat, eit tunggu dulu dalam tidak serta merta ini dikatakan bagus, sebenrnya PSU yang bagus memmpunyai batasan kemampuan diatur secara otomatis tidak sampai Over Watt saya tidak melakukan pengukuran kestabilan railnya, karena hanya untuk coba nyala saja, kebetulan PSUnya belum kebeli . Kekwatiran saya jika saya gunakan dalam relative jangka lama PSU ini yang Over Watt ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain yang terpasang dalam PC baik karena penurunan kemampuan PSU atau Over Voltase.

PSU Pure

PSU pure ini secara fisik pastinya lebih berat dari PSU abal-abal, lebih berat bukan karena tebal casing PSU nya melainkan komponen yang ada didalam PSU ini lebih berkualitas dan biasanya memang lebih banyak. Seacara kasat mata mata memang kwalitas komponentnya lah yang menunjukan dan menentukan seberapa kualitas PSU ini, Efisiensi PSU sebenarnya juga ada sertifikaatnya tergolong dari beberapa kelompok, kita lebih mengenalnya dengan sertifikat “80 +”

80 PLUS ini adalah semacam sertifikat, atau pemberian penghargaan kepada power supply (PSU) terhadap kemampuan PSU tersebut untuk tetap mempertahankan efisiensinya ketika digunakan.

80 PLUS dikategorikan menjadi beberapa kategori :
80 PLUS : 80% 80% 80%
80 PLUS Bronze : 82% 85% 82%
80 PLUS Silver : 85% 88% 85%
80 PLUS Gold : 87% 90% 87%

Sekarang banyak Produsen nakal yang asal nyantumin label 80 plus jika hal ini ada yang menadukan ke YLKI bisa urusan panjang karena termasuk penipuan. Untuk list yang pasti untuk saaat ini bisa di lihat di web ini.
http://www.plugloadsolutions.com/80PlusPowerSupplies.aspx

Saya sendiri mengalami kesesatan dalam memilihkan PSU untuk sebuah PC setelah cek punya cek ternyata masih diragukan keaslian sertifikat SLI dan 80 plus nya setidaknya menurut saya dan beberapa rekan dalam sebuah forum Kaskus
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=268244207#post268244207


PFC, (Power Factor Correction)

PFC adalah ukuran efisiensi sebuah PSU. Diukur dengan berapa banyak daya yang terbuang menjadi panas. Perhitunganya dari 0 - 1, mendekati 1 berarti makin efisien. Active PFC menggunakan rangkain tersendiri untuk mengimbangi muatan induksi sedangakn passive PFC hanya mengandalkan kapasitor untuk menjadi muatan induksi.

Pada intinya adalah sistem di PSU, yang kerjanya membuat Daya yang diambil oleh PSU dari PLN seimbang dengan Daya sesungguhnya yang diberikan ke Hardware.

PFC ini sendiri ada 2 :
1. Passive PFC
Kemampuan utk meningkatkan efisiensinya masih rendah, berkisar 0.7-0.8 saja (70%-80%)
2. Active PFC
Inilah komponen yg paling sering digunakan di PSU berkualitas pada saat ini, dengan efisiensi up to 0,99% (99%)

Dari Bebagai SUmber dan Pengalaman Pribadi

Bagikan

Jangan lewatkan

Pentingkah PSU dalam sebuah PC?
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 comments :

Tulis comments
avatar
Anonim
27 April 2013 pukul 13.01

bookmarked!!, I love your blog! ageless male - ageless male -
ageless male

Also visit my weblog :: ageless male reviews amazon

Reply

SILAHKAN BERKOMENTAR UNTUK KASIH MASUKAN

Diberdayakan oleh Blogger.