05 Agustus, 2011

Seri Pembagian Bid'ah ; Bid’ah I’tiqadiyah dan Amaliyah


Seri Pembagian Bid'ah Bid’ah I’tiqadiyah dan Amaliyah

Bid’ah I’tiqadiyah ialah suatu keyakinan yang berlawanan dengan ajaran yang dibawa Rasulullah dan para Sahabatnya, baik keyakinan tersebut disertai dengan tindak amal atau tidak. Suatu contoh bid’ah yang diusung oleh kalangan Khawarij. Mu’tazillah, Jahmiyh, Qodariyah, Rafidhah dan Murji’ah [ mauqif Ahli Sunnah wal Jamaah min Ahlil Ahwa wal Bida’ (1/102) karya ar-Ruhaili]

Adapun Bid’ah amaliyah adalah mengamalkan ajaran yang tidak dianjurkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Dan macam-macam bid’ah amaliyah antara lain :

Pertama : membuat praktek baru dalam ibadah yang tidak ada dasarnya sama sekali, seperti mengadakan jenis sholat atau puasa atau hari raya yang tidak ada dalil yang member anjuran.

Kedua : Bid;ah penambahan dalam jenis ibadah, seperti tambahan rekaat dalam sholat

Ketiga : bid’ah pembuatan tata cara baru dalam ibadah yang dikerjakan tanpa berdasarkan petunjuk nash atau kaidah agama.

Keempat : Bid’ah pengkhususan waktu ibadah seperti mengkhususkan malam pertengahan sya’ban dengan ibadah puasa dan qiyamul lail. Asal puasa dan sholat dianjurkan, tetapi pengkhususan pada waku tertentu butuh suatu dalil, sehingga menjadi bid’ah karena itu [ mauqif Ahli Sunnah wal Jamaah min Ahlil Ahwa wal Bida’ (1/102) karya ar-Ruhaili, Muqorar Tauhid (3/137) karya al-Fauzan]

 http://widiy.blogspot.com/
Catatan Al_Fakir

Bagikan

Jangan lewatkan

Seri Pembagian Bid'ah ; Bid’ah I’tiqadiyah dan Amaliyah
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

SILAHKAN BERKOMENTAR UNTUK KASIH MASUKAN

Diberdayakan oleh Blogger.