21 September, 2008

Menampilkan PDF di web page

scribdAnda mempunyai makalah yang ditulis dengan Microsoft Word. Suatu saat Anda akan mempublikasikan makalah berformat .doc tersebut melalui website. Dengan mempertimbangkan repotnya menyalin dalam format HTML, mungkin Anda akan menyajikannya tetap dalam format .doc dan pembaca akan mendownload terlebih dahulu dan melihatnya melalui aplikasi Microsoft Word. Dapat juga Anda akan mengkonversi makalah tersebut sebagai dokumen pdf dan pembaca akan dapat membaca langsung pada browser dengan fasilitas Adobe Acrobat Reader. Mungkin Anda mempunyai cara yang lain lagi, tapi bagaimana jika Anda menggunakan layanan Scribd?

Dengan Scribd, Anda dapat mengupload dokumen dengan format file Microsoft Word (.doc), Adobe Acrobat (.pdf), Plain text (.txt), PowerPoint (.ppt), Excel (.xls), Postscript (.ps), atau LIT (.lit). Selanjutnya Scribd akan mengkonversi dokumen tersebut dalam format Flash yang dapat dilihat dalam halaman web Scribd atau Anda dapat menyisipkannya dalam halaman web Anda sendiri.

Ketika ditampilkan, pembaca masih dapat mendownload dokumen tersebut dalam format lain seperti Word, PDF, plain text, HTML, JPEG, PowerPoint, Excel, Postscript, LIT, dan bahkan format audio. Ketika tadi saya mencoba dengan mengupload dokumen .doc, maka ketika ditampilkan, format lain yang dapat didownload meliputi file Word (.doc), PDF, text dan MP3. Tadi saya mencoba download file MP3-nya dan benar, isi dokumen yang saya upload dibacakan dengan akses Bahasa Inggris tentunya.

Dan di bawah ini adalah contoh file Flash yang saya disisipkan pada halaman ini dengan berbagai fasilitas termasuk pencarian dalam dokumen tersebut.

Untuk menggunakan layanan Scribd, Anda tidak perlu mendaftar, tapi dengan mendaftarkan diri, Anda mempunyai fasilitas mengatur atau mengubah dokumen yang telah diupload sebelumnya.

Kunjungi Scribd


http://maseko.com/2007/03/09/scribd-menampilkan-dokumen-dalam-halaman-web/

Bagikan

Jangan lewatkan

Menampilkan PDF di web page
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Diberdayakan oleh Blogger.