24 September, 2008

Hukum Ucapan Selamat (Tahniah) Hari Raya

Hukum Ucapan Selamat (Tahniah) Hari Raya

Ucapan Selamat (Tahniah) Hari Raya

Al-Hafidh Ibnu Hajar Al-‘Asqalani dalam Fathul-Bari 2/310 mengatakan : “Kami meriwayatkan dari guru-guru kami dalam Al-Mahamiliyyat dengan sanad hasan dari Jubair bin Nufair, beliau berkata :

عن جبير بن نفير قال كان أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا التقوا يوم العيد يقول بعضهم لبعض : تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكَ

Para shahabat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam apabila mereka saling jumpa pada hari raya, sebagian mereka mengucapkan pada lainnya : “Taqabbalalloohu minnaa wa minka” (Semoga Allah menerima amalanku dan amalanmu).

Ibnu Qudamah Al-Maqdisi dalam Al-Mughni 3/294-295 menyebutkan :

أن محمد بن زياد قال‏:‏ كنت مع أبي أمامة الباهلى وغيره من أصحاب النبي - صلى الله عليه وسلم- فكانوا إذا رجعوا من العيد يقول بعضهم لبعض‏:تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكَ وقال أحمد‏:‏ إسناد حديث أبي أمامة إسناد جيد

“Bahwasannya Muhammad bin Ziyad pernah berkata : Aku pernah bersama Abu Umamah Al-Bahily dan selainnya dari kalangan shahabat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam; apabila mereka kembali dari ‘Ied, sebagian mereka mengucapkan kepada sebagian yang lain : “Taqabbalalloohu minnaa wa minka” (Semoga Allah menerima amalanku dan amalanmu). Imam Ahmad berkata : Isnad hadits Abu Umamah jayyid (bagus)”.

Adapun ucapan selain yang dicontohkan tersebut, hendaknya kita tinggalkan dan kita gantikan dengan yang dicontohkan. Allah telah berfirman :

أَتَسْتَبْدِلُونَ الّذِي هُوَ أَدْنَىَ بِالّذِي هُوَ خَيْرٌ

“Maukah kamu mengambil yang rendah sebagai pengganti yang baik” (QS. Al-Baqarah : 61).
http://abul-jauzaa.blogspot.com/2008/09/ringkasan-hukum-hukum-dalam-bulan_05.html
Baca selengkapnya
Shalat ‘Ied

Shalat ‘Ied

Shalat ‘Ied di Mushalla (Tanah Lapang)

Adalah sunnah yang pasti dari Rasulullah shallallaahu ‘laihi ‘alaihi wasallam dan para shahabatnya untuk melaksanakan shalat ‘Ied di mushalla (tanah lapang). Dari Abdillah bin ‘Umar radliyallaahu ‘anhuma ia berkata :

كان النبي صلى الله عليه وسلم يغدو إلى المصلى والعنزة بين يديه تحمل وتنصب بالمصلي بين يديه فيصلي إليها

”Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam biasa berpagi-pagi (menuju) ke tanah lapang pada hari ‘Ied, sedangkan ‘anazah (semacam tombak – Pent.) dibawa di depannya. Ketika beliau sampai di sana, (‘anazah tadi) ditancapkan di depan beliau dan beliau menghadapnya (yaitu dijadikannya sebagai sutrah/pembatas shalat). Hal ini karena tanah lapang itu terbuka, tidak ada yang membatasinya” (HR. Al-Bukhari no. 973).

Dari Abi Sa’id Al-Khudri radliyallaahu ‘anhu ia berkata :

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يخرج يوم الفطر والأضحى إلى المصلى فأول شيء يبدأ به الصلاة ثم ينصرف فيقوم مقابل الناس والناس جلوس على صفوفهم فيعظهم ويوصيهم ويأمرهم فإن كان يريد أن يقطع بعثا قطعه أو يأمر بشيء أمر به ثم ينصرف قال أبو سعيد فلم يزل الناس على ذلك.....

“Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam biasa keluar menuju tanah lapang pada hari ‘Iedul-Fthri dan ‘Iedul-Adlhaa. Hal pertama yang beliau lakukan adalah shalat. Kemudian beliau berpaling menghadap manusia, dimana mereka dalam keadaan duduk di shaff-shaff mereka. Beliau memberi pelajaran, wasiat, dan perintah. Jika beliau ingin mengutus satu utusan, maka (beliau) memutuskannya. Atau bila beliau ingin memerintahkan sesuatu, maka beliau memerintahkannya dan kemudian berpaling”. Abu Sa’id berkata : “Maka manusia terus-menerus melakukan yang demikian (sebagaimana yang dilakukan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam)…..” (HR. Al-Bukhari no. 913, Muslim no. 889, An-Nasa’i dalam Al-Kubraa no. 1798 dan yang lainnya; ini adalah lafadh Al-Bukhari).

Tidak diragukan lagi bahwasannya Masjid Nabawi mempunyai keutamaan yang lebih dari tempat lain.[5] Walaupun demikian Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dan para shahabatnya tetap melaksanakannya di tanah lapang. Hal ini menunjukkan bahwa disyari’atkannya pelaksanaan shalat ‘Ied adalah di tanah lapang. Ibnu Hajar Al-‘Asqalani berkata :

واستدل به على استحباب الخروج إلى الصحراء لصلاة العيد وأن ذلك أفضل من صلاتها في المسجد لمواظبة النبي صلى الله عليه وسلم على ذلك مع فضل مسجده

“Dari hadits ini diambillah dalil atas sunnahnya keluar ke tanah lapang untuk shalat ‘Ied. Sesungguhnya yang demikian itu lebih utama daripada shalat ‘Ied di masjid karena Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam terus-menerus melakukan demikian. Padahal shalat di masjid beliau memiliki banyak keutamaan” (lihat Fathul-Bari 2/450).

Namun jika ada sesuatu yang tidak memungkinkan mengerjakannya di tanah lapang (karena hujan, atau tidak tersedianya tanah lapang/tanah kosong sebagaimana lazim di sebagian perkotaan padat), maka shalat di masjid adalah tidak mengapa. Wallaahu a’lam.

Shalat ‘Ied

  1. Makan Sebelum Shalat ‘Iedul-Fithri dan Tidak Makan Sebelum Shalat ‘Iedul-Adlha

    عن بن بريدة عن أبيه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان لا يخرج يوم الفطر حتى يأكل وكان لا يأكل يوم النحر حتى يرجع

    Dari (Abdullah) bin Buraidah dari ayahnya : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam tidaklah keluar (menuju tanah lapang untuk melaksanakan shalat) pada hari raya ‘Iedul-Fithri sebelum makan. Dan tidaklah beliau makan pada hari raya ‘Iedul-Adlhaa sebelum beliau kembali (dari melaksanakan shalat)” (HR. At-Tirmidzi no. 542, Ibnu Majah no. 1756, Ad-Darimi no. 1641, dan Ahmad 5/352; ini adalah lafadh Ibnu Majah. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Ibni Majah 2/86).

  2. Mandi di Pagi Hari Sebelum Melaksanakan Shalat ‘Ied

    Dari Nafi’ ia berkata :

    أن عبد الله بن عمر كان يغتسل يوم الفطر قبل أن يغدو إلى المصلى

    “Abdullah bin ‘Umar biasa mandi pada hari raya ‘Iedul-Fithri sebelum pergi ke tanah lapang (untuk melaksanakan shalat)” (Diriwayatkan oleh Malik no. 468, Asy-Syafi’i dalam Musnad Asy-Syafi’i bersama Syifaaul-‘Iyyi dalam Kitaabul-‘Iedain 1/316, dan Abdurrazzaq no. 5754 dengan sanad shahih sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Salim Al-Hilaly dalam tahqiq dan takhrij beliau atas kitab Al-Muwaththa’).

  3. Berpakaian yang Bagus

    أن عبد الله بن عمر قال أخذ عمر جبة من إستبرق تباع في السوق فأخذها فأتى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال يا رسول الله ابتع هذه تجمل بها للعيد والوفود فقال له رسول الله صلى الله عليه وسلم إنما هذه لباس من لا خلاق له فلبث عمر ما شاء الله أن يلبث ثم أرسل إليه رسول الله صلى الله عليه وسلم بجبة ديباج فأقبل بها عمر فأتى بها رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال يا رسول الله إنك قلت إنما هذه لباس من لا خلاق له وأرسلت إلي بهذه الجبة فقال له رسول الله صلى الله عليه وسلم تبيعها أو تصيب بها حاجتك

    Bahwasannya Abdullah bin ‘Umar berkata : ‘Umar (bin Khaththab) mengambil sebuah baju dari sutera tebal yang dijual di pasar, lalu ia datang kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dan berkata : “Ya Rasulullah, belilah jubah ini agar engkau dapat berdandan dengannya di hari raya dan saat menerima utusan. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda kepada ‘Umar : “Ini adalah pakaiannya orang yang tidak mendapatkan kebahagiaan (di akhirat)”. Maka tinggallah ‘Umar sepanjang waktu yang Allah inginkan. Kemudian Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam mengirimkan kepadanya jubah dari sutera. ‘Umar menerimanya lalu mendatangi beliau. Ia berkata : “Ya Rasulullah, dulu engkau pernah berkata bahwa pakaian ini merupakan pakaian orang yang tidak mendapatkan kebahagiaan (di akhirat), dan engkau kemudian mengirimkan kepadaku jubah ini”. Maka beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam berkata kepadanya : “Juallah ia atau penuhilah kebutuhanmu dengannya” (HR. Al-Bukhari no. 948, Muslim no. 2068, Abu Dawud no. 1076, dan yang lainnya; ini adalah lafadh Al-Bukhari).

    Al-‘Allamah As-Sindi berkata :

    أن التجمل يوم العيد كان عادة متقررة بينهم ولم ينكرها النبي صلى الله تعالى عليه وسلم فعلم بقاؤها

    “Dari hadits ini diketahui bahwa berdandan (membaguskan penampilan) pada hari raya merupakan kebiasaan yang ditetapkan di antara mereka (para shahabat), dan Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam tidak mengingkarinya, maka diketahui tetapnya kebiasaan itu” (Hasyiyah As-Sindi ‘alan-Nasa’i 3/181 no. 1560).

  4. Semua Kaum Muslimin Keluar Menuju Tanah Lapang (untuk Melaksanakan Shalat) Tanpa Terkecuali

    Bahkan, bagi para wanita yang haidl yang mereka tidak melaksanakan puasa dan shalat pun tetap diperintahkan oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam untuk datang di tanah lapang menyaksikan pelaksanaan shalat.

    عن أم عطية قالت كنا نؤمر أن نخرج يوم العيد حتى نخرج البكر من خدرها حتى نخرج الحيض فيكن خلف الناس فيكبرن بتكبيرهم ويدعون بدعائهم يرجون بركة ذلك اليوم وطهرته

    Dari Ummu ‘Athiyyah radliyallaahu ‘anhaa, ia berkata : “Kami diperintahkan untuk keluar pada hari ’Ied, hingga kami pun mengeluarkan wanita-wanita gadis dari tempat pingitannya dan para wanita haidl untuk ditempatkan di belakang orang-orang. Maka mereka pun bertakbir mengikuti takbir kaum laki-laki dan berdoa mengikuti doa kaum laki-laki. Mereka mengharapkan barakah dan kesucian pada hari itu” (HR. Al-Bukhari no. 971 dan Muslim no. 890; ini adalah lafadh Al-Bukhari).

    Pada riwayat lain disebutkan :

    وأمر الحيض أن يعتزلن مصلى المسلمين

    ”....dan beliau shallallaahu ’alaihi wasallam memerintahkan para wanita haidl menjauhi tempat shalat kaum muslimin” (HR. Muslim no. 890).[6]

  5. Berjalan Kaki Menuju Tanah Lapang

    عن علي بن أبي طالب قال من السنة أن تخرج إلى العيد ماشيا

    Dari ‘Ali bin Abi Thalib radliyallaahu ‘anhu ia berkata : “Termasuk sunnah yaitu engkau keluar (menuju tanah lapang) di hari ‘Ied dengan berjalan kaki” (HR. At-Tirmidzi no. 530 dan Ibnu Majah no. 1296. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan At-Tirmidzi 1/164).

    Imam At-Tirmidzi berkata ketika mengomentari hadits di atas : “Kebanyakan dari ahli ‘ilmu (ulama) mengamalkan hadits ini dimana mereka menyukai seseorang yang keluar menuju shalat ‘Ied (di tanah lapang) dengan berjalan kaki. Mereka (ahli ilmu) juga men-sunnah-kan memakan sesuatu sebelum mereka keluar untuk shalat ‘Iedul-Fithri. Janganlah seseorang menaiki kendaraan kecuali jika ia mempunyai udzur”.

  6. Menempuh Jalan yang Berbeda Ketika Berangkat dan Pulang dari Tanah Lapang

    عن جابر قال كان النبي صلى الله عليه وسلم إذا كان يوم عيد خالف الطريق

    Dari Jabir radliyallaahu ‘anhu ia berkata : “Adalah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam di hari ‘Ied, beliau mengambil jalan yang berbeda (ketika berangkatdan pulang dari tanah lapang)” (HR. Al-Bukhari no. 986).

  7. Takbir ‘Ied

    Waktu Disunnahkannya Mengumandangkan Takbir Hari Raya ‘Iedul-Fithri

    أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يخرج يوم الفطر فيكبر حتى يأتي المصلى وحتى يقضي الصلاة فإذا قضى الصلاة قطع التكبير

    “Bahwasannya bila beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam keluar (dari rumah beliau) pada hari ‘Iedul-Fithri, maka beliau bertakbir hingga tiba di tanah lapang dan hingga ditunaikannya shalat. Apabila beliau telah menunaikan shalat beliau menghentikan takbir” (HR. Ibnu Abi Syaibah dalam Mushannaf-nya 4/192-193 no. 5667 dan Al-Muhamili dalam Kitab Shalatul-‘Iedaian dengan sanad mursal shahih. Namun memiliki pendukung yang menguatkannya. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Silsilah Ash-Shahiihah no. 171).

    Lafadh Takbir Hari Raya

    Tidak ada lafadh takbir hari raya shahih yang marfu’ dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam. Hanya saja ada beberapa riwayat shahih dari para shahabat, antara lain :

    Dari Abdullah bin Mas’ud radliyallaahu ‘anhu :

    اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ ، لا إِلَهَ إِلَّا اللهُ ، وَاللهُ أَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ ، وَللهِ اْلحَمْدُ

    [Alloohu akbar, alloohu akbar. Laa ilaaha illalloohu walloohu akbar, alloohu akbar wa lillaahil-hamd]

    “Allah Maha Besar Allah Maha Besar, tidak ada sesembahan yang haq kecuali Allah dan Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Dan untuk Allah lah segala puji” (Diriwayatkan Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf no. 5697; shahih).

    Dari Abdullah bin ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma :

    اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْراًَ ، اللهُ اَكْبَرُ كَبِيْراًَ ، اللهُ أَكْبَرُ وَأَجَلُّ ، اللهُ أَكْبَرُ وَللهِ اْلحَمْدُ

    [Alloohu akbar kabiiro, Alloohu akbar kabiiro, Alloohu akbar wa ajallu, Alloohu akbar wa lillaahil-hamd]

    “Allah Maha Besar Kabiir, Allah Maha Besar Kabiir, Allah Maha Besar dan Maha Mulia, Allah Maha Besar dan untuk Allah lah segala puji.” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf no. 5701 dengan sanad shahih).

    اللهُ أَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ وَللهِ اْلحَمْدُ ، اللهُ أَكْبَرُ وَأَجَلُّ ، اللهُ أَكْبَرُ عَلَى مَا هَدَانَا

    [Alloohu akbar alloohu akbar alloohu akbar, alloohu akbar wa lillaahil-hamd, alloohu akbar wa ajallu, alloohu akbar ‘alaa maa hadaanaa]

    “Allah Maha Besar Allah Maha Besar Allah Maha Besar, Allah Maha Besar untuk Allah lah segala puji. Allah Maha Besar dan Maha Mulia. Allah Maha Besar atas petunjuk yang diberikan-Nya kepada kita” (Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi no. 6074 dengan sanad shahih).

    Dari Salman Al-Khair radliyallaahu ‘anhu :

    اللهُ أَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ كَبِيْراًَ

    [Alloohu akbar alloohu akbar allohu akbar kabiira]

    “Allah Maha Besar Allah Maha Besar Kabiir” (Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dalam Al-Kubraa no.6076) [7].

    Takbir ini hendaknya terus diucapkan oleh semua kaum muslimin sampai datangnya imam untuk ditegakkannya shalat ‘Iedul-Fithri.

  8. Waktu Ditegakkanya Shalat ‘Ied

    Ibnul-Qayyim berkata : “Beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam mengakhirkan shalat ‘Iedul-Fithri dan menyegerakan shalat ‘Iedul-Adlhaa. Dan adalah Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhuma – dengan kuatnya upayanya untuk mengikuti Sunnah Nabi – tidak keluar hingga matahai terbit” (Zaadul-Ma’ad 1/442).

    Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jazaairi berkata : “Waktu shalat ‘Iedul-Fithri dan ‘Iedul-Adlha adalah dimulai dari naiknya matahari setinggi satu tombak sampai tergelincir. Yang paling utama, shalat ‘Iedul-Adlhaa dilakukan di awal waktu agar manusia dapat menyembelih hewan-hewan kurban mereka. Sedangkan shalat ‘Iedul-Fithri agak diakhirkan waktunya agar manusia dapat mengeluarkan zakat fithri mereka [8] ” (Minhajul-Muslim halaman 278).

  9. Tidak Ada Shalat Sunnah Sebelum dan Sesudah Shalat ‘Ied

    عن بن عباس أن النبي صلى الله عليه وسلم صلى يوم الفطر ركعتين لم يصل قبلها ولا بعدها

    Dari Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma ia berkata : “Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam shalat ‘Iedul-Fithri dua raka’at, dan beliau tidak shalat sebelum maupun sesudahnya….” (HR. Al-Bukhari no. 964).

    Peniadaan shalat sunnah tersebut hanya ketika berada di tanah lapang. Akan tetapi bila ia telah sampai rumah, maka ia boleh shalat sunnah mutlak sebagaimana hadits :

    عن أبي سعيد الخدري قال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم لا يصلي قبل العيد شيئا فإذا رجع إلى منزله صلى ركعتين

    Dari Abu Sa’id Al-Khudry radliyallaahu ‘anhu ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam tidak pernah shalat sebelum ‘Ied, tetapi bila beliau pulang ke rumahnya maka beliau shalat dua raka’at” (HR. Ibnu Majah no. 1293 dan Ahmad 3/28,3/40; ini adalah lafadh Ibnu Majah. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaaul-Ghalil 3/100).

  10. Tidak Ada Adzan dan Iqamat

    عن جابر بن سمرة قال صليت مع رسول الله صلى الله عليه وسلم العيدين غير مرة ولا مرتين بغير أذان ولا إقامة

    Dari Jabir bin Samurah radliyallaahu ‘anhu ia berkata : “Aku pernah shalat hari raya bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bukan hanya sekali atau dua kali tanpa adzan dan iqamat” (HR. Muslim no. 887).

    Ibnul-Qayyim berkata : “Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam apabila sampai ke tanah lapang, beliau memulai shalat tanpa adzan dan iqamat, tidak pula ucapan : Ash-Sholaatu jaami’ah [الصلاة جامعة]. Menurut sunnah, itu semua tidak usah dilakukan” (Zaadul-Ma’ad 1/442).

  11. Kaifiyat Shalat ‘Ied

    Dilaksanakan dalam Dua Raka’at

    Hal ini berdasarkan riwayat ‘Umar bin Khaththab radliyallaahu ‘anhu :

    صلاة الجمعة ركعتان وصلاة الفطر ركعتان وصلاة الأضحى ركعتان وصلاة السفر ركعتان تمام غير قصر على لسان محمد صلى الله عليه وسلم

    Shalat Jum’at itu dua raka’at, shalat ‘Iedul-Fithri itu dua raka’at, shalat ‘Iedul-Adlhaa itu dua raka’at, shalat safar itu dua raka’at; sempurna tanpa dikurangi menurut lisan Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam” (HR. An-Nasa’i dalam Al-Mujtabaa no. 1420, dan Ibnu Majah no. 1063-1064. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan An-Nasa’i 1/457).

    Takbiratul-Ihram, kemudian takbir tujuh kali pada raka’at pertama dan lima kali pada raka’at kedua

    عن عائشة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يكبر في الفطر والأضحى في الأولى سبع تكبيرات وفي الثانية خمسا

    Dari ‘Aisyah radliyallaahu ‘anhaa : “Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bertakbir pada shalat ‘Iedul-Fithri dan ‘Iedul-Adlhaa tujuh kali pada raka’at pertama dan lima kali pada raka’at kedua” (HR. Abu Dawud no. 1149, Ibnu Majah no. 1280, dan Baihaqi 3/287; ini adalah lafadh Abu Dawud. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud 1/315 dan Irwaaul-Ghalil no. 639).

    Imam Al-Baghawi berkata dalam Syarhus-Sunnah (4/309) : Inilah pendapat mayoritas ahli ilmu dari kalangan shahabat dan generasi setelahnya, yaitu takbir tujuh kali pada raka’at pertama setelah takbir iftitah (pembukaan) dan lima takbir pada raka’at kedua selain takbir berdiri sebelum membaca. Pendapat ini diriwayatkan dari Abu Bakar, ‘Umar, ‘Ali, Ibnu ‘Umar, Ibnu ‘Abbas, Abu Hurairah, Abu Sa’id Al-Khudri, dan ini juga merupakan pendapat ahli Madinah dan Az-Zuhri, ‘Umar bin Abdilaziz, Mali, Auza’i, Syafi’i, Ahmad, dan Ishaq”.[9]

    Pada setiap takbir disunnahkan untuk mengangkat tangan. Hal ini sesuai dengan keumuman hadits :

    عن وائل بن حجر الحضرمي قال رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم يرفع يديه مع التكبير

    Dari Wail bin Hujr Al-Hadlrami radliyallaahu ‘anhu ia berkata : “Aku melihat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam mengangkat kedua tangannya bersamaan dengan takbir” (HR. Ahmad 4/316; dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaaul-Ghalil no. 641).

    Tidak ada satu pun riwayat dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam tentang bacaan-bacaan tertentu yang diucapkan di sela-sela takbir tadi. Akan tetapi telah shahih atsar dari Ibnu Mas’ud radliyallaahu ‘anhu :

    بين كل تكبيرتين حمد الله عز وجل وثناء على الله

    “Diantara dua takbir diucapkan pujian dan sanjungan kepada Allah ‘azza wa jalla” (Diriwayatkan oleh Al-Mahammili dalam Shalatul-‘Iedain 2/121 dengan sanad jayyid. Lihat Irwaaul-Ghalil 3/115).

    Membaca Al-Fatihah dan Membaca Surat

    لا صلاة لمن لم يقرأ [فيها] بفاتحة الكتاب [فصاعداً]

    “Tidak sah shalat seseorang yang tidak membaca di dalamnya Fatihatul-Kitab (Al-Fatihah)” (HR. Al-Bukhari no. 723, Muslim no. 394, dan lain-lain. Lihat Ashlu Shifat Shalat Nabi oleh Syaikh Al-Albani halaman 300).

    Sunnah membaca surat Al-A’la dan Al-Ghaasyiyah setelah Al-Fatihah.

    عن النعمان بن بشير قال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يقرأ في العيدين وفي الجمعة بسبح اسم ربك الأعلى وهل أتاك حديث الغاشية

    Dari An-Nu’man bin Basyir radliyallaahu ‘anhu ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam biasa membaca Sabbihisma rabbikal-a’la (Surat Al-A’la) dan Hal ataaka hadiitsul-ghaasyiyah (Surat Al-Ghasyiyah) pada shalat ‘Iedain dan shalat Jum’at” (HR. Muslim no. 878).

    Atau membaca Surat Qaaf dan Al-Qamar.

    أن عمر بن الخطاب سأل أبا واقد الليثي ما كان يقرأ به رسول الله صلى الله عليه وسلم في الأضحى والفطر فقال كان يقرأ فيهما بق والقرآن المجيد واقتربت الساعة وانشق القمر

    Bahwasanya ‘Umar bin Khaththab radliyallaahu ‘anhu bertanya kepada Abu Waqid Al-Laitsi : “Apa yang biasa dibaca oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dalam shalat ‘Iedul-Adlhaa dan ‘Iedul-Fithri ?”. Ia menjawab : “Beliau biasa membaca Qaaf, wal-qur’aanil-majiid (Surat Qaaf) dan Iqtarabatis-saa’ati wan-syaqal-qamar (Surat Al-Qamar)” (HR. Muslim no. 891).

    Kaifiyat lainnya seperti shalat biasa, tidak ada perbedaan.

  12. Tertinggal Shalat ‘Ied

    Orang yang tertinggal shalat hari raya secara jama’ah, hendaknya ia shalat dua raka’at. Imam Al-Bukhari membuat bab dalam Shahih-nya : Bab Apabila Seseorang Ketinggalan Shalat ‘Ied Maka Hendaknya Ia Shalat Dua Raka’at. Kemudian beliau menyebut atsar ‘Atha’ secara mu’allaq : “Apabila ketinggalan shalat ‘Ied, maka ia shalat dua raka’at” (di-maushul-kan oleh Ibnu Abi Syaibah dan Al-Firyabi dengan sanad shahih. Lihat Mukhtashar Shahih Bukhari 1/302 no. 198).

    Imam Malik berkata :

    في رجل وجد الناس قد انصرفوا من الصلاة يوم العيد إنه لا يرى عليه صلاة في المصلى ولا في بيته وأنه إن صلى في المصلى أو في بيته لم أر بذلك بأسا ويكبر سبعا في الأولى قبل القراءة وخمسا في الثانية قبل القراءة

    “Apabila seseorang mendapati orang-orang telah selesai mengerjakan shalat ‘Ied, (sebagian orang berpandangan bahwa) ia tidak perlu mengerjakan shalat di tanah lapang maupun di rumahnya. (Akan tetapi), bila ia shalat (sendirian) di tanah lapang atau di rumahnya, menurutku hal itu tidak mengapa. Hendaklah ia bertakbir tujuh kali di raka’at pertama dan lima kali pada raka’at kedua sebelum Al-Fatihah” (Al-Muwaththa’ no. 477).

  13. Khutbah ‘Ied

    Khutbah Dilaksanakan Setelah Shalat.

    عن بن عباس قال شهدت العيد مع رسول الله صلى الله عليه وسلم وأبي بكر وعمر وعثمان رضى الله تعالى عنهم فكلهم كانوا يصلون قبل الخطبة

    Dari Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma ia berkata : “Aku menghadiri shalat ‘Iedul-Fithri bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam, Abu Bakar, ‘Umar, dan ‘Utsman. Semuanya melaksanakan shalat sebelum khutbah” (HR. Al-Bukhari no. 962 dan Muslim no. 884; ini adalah lafadh Al-Bukhari)

    Hukum Menghadiri Khutbah adalah Sunnah, Tidak Wajib.

    عن عبد الله بن السائب قال شهدت مع رسول الله صلى الله عليه وسلم العيد فلما قضى الصلاة قال إنا نخطب فمن أحب أن يجلس للخطبة فليجلس ومن أحب أن يذهب فليذهب

    Dari Abdullah bin Saib radliyallaahu ‘anhu ia berkata : Aku menghadiri ‘Ied bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam. Ketika telah selesai shalat, maka beliau bersabda : “Sesungguhnya kami akan berkhutbah. Barangsiapa yang ingin duduk untuk mendengarkan khutbah, hendaklah ia duduk. Dan barangsiapa yang ingin pergi, maka silakan ia pergi” (HR. Abu Dawud no. 1155, Ibnu Majah no. 1290, dan yang lainnya; ini adalah lafadh Abu Dawud. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud 1/316).

    Khutbah Dimulai dengan Pujian dan Tasyahud kepada Allah.

    Telah menjadi sunnah yang tsabit (tetap) dari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam apabila beliau akan memulai khutbah, maka beliau memulainya dengan pujian kepada Allah ta’ala.

    عن جابر قال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يخطب الناس يحمد الله ويثني عليه بما هو أهله ثم يقول من يهده الله فلا مضل له ومن يضلل فلا هادي له وخير الحديث كتاب الله

    Dari Jabir radliyallaahu ‘anhu ia berkata : Adalah Rasulullah berkhutbah kepada manusia, beliau memuji Allah dan menyanjungnya yang memang Dia pemilik (puji-pujian dan sanjungan). Dan kemudian beliau mengucapkan : “Barangsiapa yang Allah pimpin, tidak ada satupun yang menyesatkannya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka tidak ada satupun yang akan bisa menunjukinya”. Kemudian beliau mengucapkan : “Amma ba’du, maka sesungguhnya sebaik-baik perkataan itu adalah adalah Kitabullah” (HR. Muslim no. 867).

    عن أبي هريرة عن النبي صلى الله عليه وسلم قال كل خطبة ليس فيها تشهد فهي كاليد الجذماء

    Dari Abi Hurairah radliyallaahu ‘anhu, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda : “Setiap khutbah yang tidak (dimulai) dengan tasyahhud, maka ia (khutbah) itu sepeti tangan yang berpenyakit” (HR. Abu Dawud no. 4861. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Silsilah Ash-Shahiihah no. 169).

    Khutbah ‘Ied Dua Kali Diselingi dengan Duduk (Seperti Shalat Jum’at) ?

    Yang rajih dalam hal ini adalah bahwa khutbah ‘Ied itu satu kali dan tidak diselingi dengan duduk. Dasarnya adalah :

    شهدت مع رسول الله صلى الله عليه وسلم الصلاة يوم العيد فبدأ بالصلاة قبل الخطبة بغير أذان ولا إقامة ثم قام متوكئا على بلال فأمر بتقوى الله وحث على طاعته ووعظ الناس وذكرهم ثم مضى حتى أتى النساء فوعظهن وذكرهن فقال تصدقن فإن أكثركن حطب جهنم فقامت امرأة من سطة النساء سفعاء الخدين فقالت لم يا رسول الله قال لأنكن تكثرن الشكاة وتكفرن العشير قال فجعلن يتصدقن من حليهن يلقين في ثوب بلال من أقرطتهن وخواتمهن

    Dari Jabir bin ‘Abdillah radliyallaahu ‘anhu ia berkata : Aku hadir bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam pada hari ‘Ied. Beliau memulai shalat sebelum khutbah tanpa adzan dan iqamat. Kemudian beliau berdiri dengan berpegangan kepada Bilal. Lalu beliau memerintahkan untuk bertaqwa kepada Allah, menganjurkan ketaatan kepada-Nya, lalu beliau memberi nasihat dan mengingatkan mereka. Kemudian beliau berjalan hingga mendatangi wanita, menyampaikan nasihat kepada mereka dan mengingatkan mereka, lalu bersabda : “Wahai sekalian wanita, hendaklah kalian mengeluarkan shadaqah, karena kalian adalah kayu bakar Jahannam yang paling banyak”. Seorang wanita dari kerumunan para wanita yang kedua pipinya kehitaman, berdiri dan berkata : “Mengapa wahai Rasulullah?”. Beliau menjawab : “Karena kalian banyak mengeluh dan mengingkari suami”. Jabir berkata : “Maka mereka dengan segera bershadaqah dengan perhiasan mereka, dengan melemparkan ke kain Bilal, berupa anting-anting dan cincin mereka” (HR. Muslim no. 885).

    Dhahir hadits di atas menunjukkan bahwa beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam hanya berkhutbah sekali dan kemudian pergi ke tempat para wanita. Adapun hadits yang menyebutkan bahwa beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam berkhutbah dua kali (sebagaimana khutbah Jum’at), maka ia adalah hadits dla’if.

    عن جابر قال خرج رسول الله صلى الله عليه وسلم يوم فطر أو أضحى فخطب قائما ثم قعد قعدة ثم قام

    Dari Jabir ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam keluar pada hari raya ‘Iedul-Fithri atau ‘Iedul-Adlha, maka beliau berkhutbah dengan berdiri, kemudian duduk, dan kemudian berdiri kembali” (HR. Ibnu Majah no. 1289 – dla’if/munkar. Lihat Dla’if Sunan Ibni Majah 1/95).

    Adapun apa yang diriwayatkan dalam Shahih Ibnu Khuzaimah no. 1446 (shahih) :

    أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يخطب الخطبتين وهو قائم وكان يفصل بينهما بجلوس

    “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam berkhutbah dua kali dengan berdiri dan memisahkan antara dua khutbah itu dengan duduk” ;

    maka ini adalah shifat khutbah Jum’at. Hal itu dikarenakan dalam riwayat lain, hadits tersebut dibawakan dengan redaksi :

    كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يخطب يوم الجمعة قائما ثم يجلس

    "Adalah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam berkhutbah pada hari Jum’at dengan berdiri kemudian duduk…” (HR. Muslim no. 861).

  14. Bila ‘Ied Bertepatan dengan Hari Jum’at

    Apabila hari raya ‘Ied jatuh bertepatan dengan hari Jum’at, maka kewajiban melaksanakan shalat Jum’at bagi laki-laki (yang telah melaksanakan shalat ‘Ied di hari itu) menjadi gugur – akan tetapi ia wajib melaksanakan shalat Dhuhur. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :

    قد اجتمع في يومكم هذا عيدان فمن شاء أجزأه من الجمعة وإنا مجمعون

    “Pada hari ini telah berkumpul dua hari raya pada kalian. Maka barangsiapa yang ingin, maka tidak ada kewajiban Jum’at baginya. Karena sesungguhnya kita telah dikumpulkan” (HR. Abu Dawud no. 1073 dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud 1/296).

http://abul-jauzaa.blogspot.com/2008/09/ringkasan-hukum-hukum-dalam-bulan_05.html
Baca selengkapnya

22 September, 2008

21 September, 2008

Menampilkan PDF di web page

Menampilkan PDF di web page

scribdAnda mempunyai makalah yang ditulis dengan Microsoft Word. Suatu saat Anda akan mempublikasikan makalah berformat .doc tersebut melalui website. Dengan mempertimbangkan repotnya menyalin dalam format HTML, mungkin Anda akan menyajikannya tetap dalam format .doc dan pembaca akan mendownload terlebih dahulu dan melihatnya melalui aplikasi Microsoft Word. Dapat juga Anda akan mengkonversi makalah tersebut sebagai dokumen pdf dan pembaca akan dapat membaca langsung pada browser dengan fasilitas Adobe Acrobat Reader. Mungkin Anda mempunyai cara yang lain lagi, tapi bagaimana jika Anda menggunakan layanan Scribd?

Dengan Scribd, Anda dapat mengupload dokumen dengan format file Microsoft Word (.doc), Adobe Acrobat (.pdf), Plain text (.txt), PowerPoint (.ppt), Excel (.xls), Postscript (.ps), atau LIT (.lit). Selanjutnya Scribd akan mengkonversi dokumen tersebut dalam format Flash yang dapat dilihat dalam halaman web Scribd atau Anda dapat menyisipkannya dalam halaman web Anda sendiri.

Ketika ditampilkan, pembaca masih dapat mendownload dokumen tersebut dalam format lain seperti Word, PDF, plain text, HTML, JPEG, PowerPoint, Excel, Postscript, LIT, dan bahkan format audio. Ketika tadi saya mencoba dengan mengupload dokumen .doc, maka ketika ditampilkan, format lain yang dapat didownload meliputi file Word (.doc), PDF, text dan MP3. Tadi saya mencoba download file MP3-nya dan benar, isi dokumen yang saya upload dibacakan dengan akses Bahasa Inggris tentunya.

Dan di bawah ini adalah contoh file Flash yang saya disisipkan pada halaman ini dengan berbagai fasilitas termasuk pencarian dalam dokumen tersebut.

Untuk menggunakan layanan Scribd, Anda tidak perlu mendaftar, tapi dengan mendaftarkan diri, Anda mempunyai fasilitas mengatur atau mengubah dokumen yang telah diupload sebelumnya.

Kunjungi Scribd


http://maseko.com/2007/03/09/scribd-menampilkan-dokumen-dalam-halaman-web/

Baca selengkapnya

17 September, 2008

Virus Flu Burung Membuat Windows XP Tidak Bisa Login

Virus Flu Burung Membuat Windows XP Tidak Bisa Login

virus flu burung dan sejenisnya masih bergentayangan moga artikel temen kita dapat lebih tersebar luas dan di ambil manfaatnya
http://blog.kenz.or.id/2006/12/16/virus-flu-burung-membuat-windows-xp-tidak-bisa-login.html

Menurut saya virus W32/GNURBULF.B adalah virus paling merepotkan di tahun 2006. Cara kerjanya adalah membuat sistem operasi windows XP terkunci dari dalam. Bayangkan saja jika kita memiliki sebuah rumah, tetapi kita tidak bisa masuk rumah tersebut karena terkunci dari dalam. Begitu juga cara kerja virus ini yang membuat Windows XP tidak bisa login atau selalu ditolak ketika login (begitu login langsung logout secara otomatis). Sungguh merepotkan sekali karena kita tidak diberi kesempatan untuk membersihkan virus dari dalam sistem operasi.

Mungkin orang yang tidak mau pusing lebih memilih menginstall ulang windows, tetapi bagi yang memiliki data-data penting akan memilih cara untuk masuk ke sistem operasi melalui berbagai cara. Install ulang sistem operasi sama saja dengan membongkar rumah secara keseluruhan, oleh karena itu saya memilih berusaha mencoba masuk ke sistem seperti yang disarankan oleh vaksin.com dalam artikel berjudul W32/Gnurbulf.B Solusi tidak bisa logon Windows.

Secara lengkap Anda bisa membaca artikel tersebut untuk menangani virus ini. Berikut ini adalah ringkasan dari pengalaman saya dalam menghadapi virus ini dan variannya.

Gejala-gejala yang ditimbulkan oleh virus flu burung dan modifikasinya :

Windows tidak bisa login atau selalu logout secara otomatis meskipun memasukkan password yang benar.

Dekstop terkunci, hanya bisa menampilkan layar biru dan sejenisnya. (seperti W32/Gnurbulf.A)

Fungsi Printer terganggu, atau sering gagal dalam melakukan proses pencetakan tanpa sebab yang jelas.

Muncul banyak sekali file .scr dalam berbagai direktori.

Muncul banyak file asing .exe dalam direktori c:/windows/ (seperti W32/Gnurbulf.A)

Beberapa file Microsoft Word tidak bisa dikopi atau hilang begitu saja setelah dikopi ke UFD (USB Flash Disk).

Cara penanganan secara singkat pada Windows XPadalah sebagai berikut :

1. Baca terlebih dahulu artikel di W32/Gnurbulf.B Solusi tidak bisa logon Windows, kemudian siapkan dan kopikan file-file berikut ini dalam floppy disk atau cd : ntfs4dos, fix.reg, fix.bat.

2. Pastikan setting BIOS dengan prioritas booting melalui CD ROM atau Floppy Disk.

3. Masukan CD Booting seperti CD dari majalah Chip atau sejenisnya, atau gunakan sistem operasi DOS Windows 98 pada Floppy Disk/ USB Disk. Bila belum memiliki CD Booting bisa juga melakukan download berbagai ISO Dos untuk booting disini.

4. Lihat file di direktori C:/ dengan mengetik DIR C:/ Jika muncul direktori windows berarti Anda menggunakan FAT32 pada partisi windows tersebut. Lanjut ke langkah 6.

5. Jika Anda tidak menemukan direktori windows, panggil aplikasi ntfs4dos.exe. Kemudian jika ada pertanyaan penggunaan pribadi, ketik YES. Setelah masuk menggunakan DOS NTFS segera cek semua partisi. Pastisi yang berisi direktori windows merupakan partisi sistem operasi. Mungkin terbaca di D:/ atau F:/ bukan C:/ (!!!)

6. Copy file FIX.REG ke direktori C:\ dan FIX.BAT kedirektori C:\Documents and Settings\All Users\Start Menu\Programs\Startup. Perintahnya seperti ini, semisal F:\ adalah direktori yang berisi file fix.reg dkk. :

c:\>copy f:\fix.reg
c:\>cd docume~1\alluse~1\startm~1\programs\startup
c:\cd docume~1\..\..\..\ > copy f:\fix.bat

7. Ganti nama Spoolsv.exe menjadi nama lain, misalnya SPOOLSV.OLD dengan perintah :

c:\windows\system32> ren spoolsv.exe spoolsv.old

Mungkin ada baiknya tidak mengganti namun memindah ke direktori lain atau membuat backupnya lalu hapus file ini. Terkadang file disembuyikan atau berstatus read only sehingga tidak bisa dihapuskan. Oleh karena itu gunakan perintah attrib sebelum merubah nama spoolsv.exe ke spoolsv.old atau menghapusnya. Contoh : ATTRIB -R -S -H SPOOLSV.EXE

8. Ganti nama userinit.exe menjadi Spoolsv.exe

c:\windows\system32> ren userinit.exe spoolsv.exe

Kesalahan umum yang sering dilakukan yaitu file SPOOLSV.EXE masih ada belum diganti namanya atau belum dihapuskan sehingga USERINIT.EXE tidak berubah menjadi SPOOLSV.EXE.

9. Restart komputer, dan cobalah masuk melalui login. Jika berhasil maka lanjut ke langkah 9. Jika tidak periksa kembali penempatan file fix.bat dan fix.reg ataupun langkah 6 dan langkah 7.

10. Jika berhasil masuk windows, hapus segera file fix.reg di dan fix.bat di posisi sebelumnya kemudian klik kanan file repair.inf dan pilih install.

11. Restart komputer kembali. Jika sudah berjalan dengan normal, Anda dapat mengembalikan SPOOLSV.OLD menjadi SPOOLSV.EXE melalui dos agar fungsi printer dapat dijalankan kembali.

12. Update anti virus dan lakukan proses scanning. Bisa juga secara manual untuk menghapus file .scr yang tidak diperlukan terutama di direktori data.

Catatan:
Saya mencoba menggunakan Linux Live yang bisa dijalankan versi CD untuk mengganti file-file yang bersangkutan di windows tetapi tidak berhasil karena proteksi file system dan tidak diijinkan untuk akses ke root. Padahal dengan KDE atau Gnome yang seperti windows, saya kira tugas mengganti file dan menghapus file mudah menjadi mudah di linux. Ternyata sebaliknya, cukup sulit juga.

Berikut ini saya sertakan direktori fluburung yang berisi file-file diatas juga backup dari userinit dan spoolsv.exe. Silakan download sini : fluburung.zip

Sebenarnya pembuat virus dan pengembangnya bisa menambah tingkat kerumitan virus dengan memblokir fix.bat, fix.reg dan penggantian spoolsv.exe. Cara mudahnya dengan menempatkan terlebih dahulu beberapa file tersebut pada posisinya masing-masing, kemudian attributnya diganti menjadi hidden dan system. Orang awam akan sulit mengkopikan file-file diatas, tapi bagi yang tahu prinsip kerja virusnya saya kira tidak akan menjadi masalah untuk mengatasi virus ini.

Sekitar tanggal 7 dan 8 Desember 2006 Kaspersky memblokir lisensi bajakan sehingga para pengguna KIS (Kaspersky Internet Security) atau KAV (Kaspersky Anti Virus) bajakan tidak bisa lagi mengupdate antivirusnya. Menurut saya produk Kaspersky merupakan produk yang bagus dan tangguh dalam pendeteksian virus dengan catatan selalu terupdate setiap hari. Oleh karena itu kemungkinan tingkat korban virus akan semakin banyak pada masa status quo yaitu pada masa user mencari alternatif pengganti Kavpersky yang expired. Masa-masa ini bisa dimanfaatkan oleh penyebar virus untuk semakin giat melakukan penyebaran dengan berbagai cara. Hati-hati bila bertukar data dengan teman, ataupun membuka email yang tidak dikenal. Mencegah lebih baik daripada memperbaiki yang bisa menghabiskan waktu seharian.

file file pendukung 1

file file pendukung 2

mungkin nanti file 2 di atas gak bisa di akses karena akses gratisan ni ada mentahannya

Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindows NTCurrentVersionWinlogon]

"Userinit"="C:WINDOWSsystem32userinit.exe,
save dengan nama fix.reg

regedit /s c:fix.reg
save dengan nama fix.bat

[Version]

Signature="$Chicago$"

Provider=Vaksincom



[DefaultInstall]

AddReg=UnhookRegKey

DelReg=del



[UnhookRegKey]

HKLM, SoftwareCLASSESbatfileshellopencommand,,,"""%1"" %*"

HKLM, SoftwareCLASSEScomfileshellopencommand,,,"""%1"" %*"

HKLM, SoftwareCLASSESexefileshellopencommand,,,"""%1"" %*"

HKLM, SoftwareCLASSESpiffileshellopencommand,,,"""%1"" %*"

HKLM, SoftwareCLASSESregfileshellopencommand,,,"regedit.exe "%1""

HKLM, SoftwareCLASSESscrfileshellopencommand,,,"""%1"" %*"

HKLM, SOFTWAREClassesscrfile,,,"Screen Saver"

HKLM, SOFTWAREMicrosoftWindows NTCurrentVersionWinlogon, Shell,0, "Explorer.exe"

HKLM, SOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionExplorerAdvancedFolderHideFileExt, UncheckedValue,0x00010001,0

HKLM, SOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionExplorerAdvancedFolderSuperHidden, UncheckedValue,0x00010001,1

HKLM, SOFTWAREMicrosoftWindows NTCurrentVersionWinlogon, Userinit,0, "C:Windowssystem32userinit.exe,"

HKLM, SOFTWAREClassesWord.Document.8DefaultIcon,,,"C:WINDOWSInstaller{90110409-6000-11D3-8CFE-0150048383C9}wordicon.exe"

HCR, Word.Document.8DefaultIcon,,,"C:WINDOWSInstaller{90110409-6000-11D3-8CFE-0150048383C9}wordicon.exe"



[del]

HKCU, SoftwareMicrosoftWindows NTCurrentVersionWinlogon, shell

HKU, S-1-5-21-1454471165-1844237615-725345543-1003SoftwareMicrosoftWindows NTCurrentVersionWinlogon, shell

save dengan nama repair.inf




Baca selengkapnya

16 September, 2008

YANG BOLEH DILAKUKAN OLEH ORANG YANG PUASA

YANG BOLEH DILAKUKAN OLEH ORANG YANG PUASA

Silahkan dibaca beberapa hal yang diperbolehkan dalam shiam Ramadhan berikut
ini, dikutip dari kitab sifat shaum Nabi.

Wallahu a'lam


YANG BOLEH DILAKUKAN OLEH ORANG YANG PUASA
diCopas dari milis as-sunnah

Seorang hamba yang taat serta paham Al-Qur'an dan Sunnah tidak akan ragu
bahwa Allah menginginkan kemudahan bagi hamba-hamba-Nya dan tidak
menginginkan kesulitan. Allah dan Rasul-Nya telah membolehkan beberapa hal
bagi orang yang puasa, dan tidak menganggapnya suatu kesalahan jika
mengamalkannya. Inilah perbuatan-pebuatan tersebut beserta dalil-dalilnya.

1. Memasuki Waktu Subuh Dalam Keadaan Junub

Di antara perbuatan Shallallahu 'alaihi wa sallam adalah masuk fajar dalam
keadaan junub karena jima' dengan isterinya, beliau mandi setelah fajar
kemudian shalat.

Dari Aisyah dan Ummu Salamah Radhiyallahu 'anhuma.

"Artinya : Sesungguhnya Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam memasuki waktu
subuh dalam keadaan junub karena jima' dengan isterinya, kemudian ia mandi
dan berpuasa" [Hadits Riwayat Bukhari 4/123, Muslim 1109]

2. Bersiwak

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.

"Artinya : Seandainya tidak memberatkan umatku, niscaya aku suruh mereka
untuk bersiwak setiap kali wudlu" [Hadits Riwayat Bukhari 2/311, Muslim 252
semisalnya].

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam tidak mengkhususkan bersiwak untuk
orang yang puasa ataupun yang lainnya, hal ini sebagai dalil bahwa bersiwak
itu diperuntukkan bagi orang yang puasa dan selainnya ketika wudlu dan
shalat. [Inilah pendapat Bukhari Rahimahullah, demikian pula Ibnu Khuzaimah
dan selain keduanya. Lihat Fathul Bari 4/158, Shahih Ibnu Khuzaimah 3/247,
Syarhus Sunnah 6/298]

Demikian pula hal ini umum di seluruh waktu sebelum zawal (tergelincir
matahari) atau setelahnya. Wallahu 'alam.

3. Berkumur dan Istinsyaq

Karena beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam berkumur dan beristinsyaq
(memasukkan air ke hidung) dalam keadan puasa, tetapi melarang orang yang
berpuasa berlebihan ketika beristinsyaq.
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.

"Artinya : ... Bersungguh-sungguhlah dalam beristinsyaq kecuali dalam
keadaan puasa" [1]

4. Bercengkrama dan Mencium Isteri

Aisyah Radhiyallahu 'anha pernah berkata.

"Artinya : Adalah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah mencium
dalam keadaan berpuasa dan bercengkrama dalam keadaan puasa, akan tetapi
beliau adalah orang yang paling bisa menahan diri" [Hadits Riwayat Bukhari
4/131, Muslim 1106]

"Kami pernah berada di sisi Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, datanglah
seorang pemuda seraya berkata, "Ya Rasulullah, bolehkah aku mencium dalam
keadaan puasa ?" Beliau menjawab, "Tidak". Datang pula seorang yang sudah
tua dan dia berkata : "Ya Rasulullah, bolehkah aku mencium dalam keadaan
puasa ?". Beliau menjawb : "Ya" sebagian kami memandang kepada
teman-temannya, maka Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :
"Sesungguhnya orang tua itu (lebih bisa) menahan dirinya".[2]

5. Mengeluarkan Darah dan Suntikan Yang Tidak Mengandung Makanan[3]

Hal ini bukan termasuk pembatal puasa, lihat pada pembahasan halaman 50.

6. Berbekam

Dahulu berbekam merupakan salah satu pembatal puasa, namun kemudian dihapus
dan telah ada hadits shahih dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwa
beliau berbekam ketika puasa. Hal ini berdasarkan riwayat dari Ibnu Abbas
Radhiyallahu 'anhuma.

"Artinya : Sesungguhnya Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam berbekam, padahal
beliau sedang berpuasa" [Hadits Riwayat Bukhari 4/155-Fath, Lihat Nasikhul
Hadits wa Mansukhuhu 334-338 karya Ibnu Syahin]

7. Mencicipi Makanan

Hal ini dibatasi, yaitu selama tidak sampai di tenggorokan berdasarkan
riwayat dari Ibnu Abbas Radhiyallahu 'anhuma.

"Artinya : Tidak mengapa mencicipi sayur atau sesuatu yang lain dalam
keadaan puasa, selama tidak sampai ke tenggorokan" [Hadits Riwayat Bukhari
secara mu'allaq 4/154-Fath, dimaushulkan Ibnu Abi Syaibah 3/47, Baihaqi
4/261 dari dua jalannya, hadits ini Hasan. Lihat Taghliqut Ta'liq 3/151-152]

8. Bercelak, Memakai Tetes Mata dan Lainnya yang Masuk ke Mata

Benda-benda ini tidak membatalkan puasa, baik rasanya yang dirasakan di
tenggorokan atau tidak. Inilah yang dikuatkan oleh Syaikhul Islam Ibnu
Taimiyah dalam risalahnya yang bermanfaat dengan judul Haqiqatus Shiyam
serta murid beliau yaitu Ibnul Qayim dalam kitabnya Zadul Ma'ad, Imam
bukhari berkata dalam shahhihnya[4] : "Anas bin Malik, Hasan Al-Bashri dan
Ibrahim An-Nakha'i memandang, tidak mengapa bagi yang berpuasa".

9. Mengguyurkan Air ke Atas Kepala dan Mandi

Bukhari menyatakan dalam kitab Shahihnya[5] Bab : Mandinya Orang Yang Puasa,
Umar membasahi [6] bajunya kemudian dia memakainya ketika dalam keadaan
puasa. As-Sya'bi masuk kamar mandi dalam keadaan puasa. Al-Hasan berkata :
"Tidak mengapa berkumur-kumur dan memakai air dingin dalam keadaan puasa".

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam mengguyurkan air ke kepalanya dalam
keadaan puasa karena haus atau kepanasan. [7]

Foote Note.

1. Hadits Riwayat Tirmidzi 3/146, Abu Daud 2/308, Ahmad 4/32, Ibnu Abi
Syaibah 3/101, Ibnu Majah 407, An-Nasaai no. 87 dari Laqith bin Shabrah,
sanadnya SHAHIH.
2. Hadits Riwayat Ahmad 2/185,221 dari jalan Ibnu Lahi'ah dari yazid bin
Abu Hubaib dari Qaushar At-Tufibi darinya. Sanadnya dhaif karena dhaifnya
Ibnu Lahi'ah, tetapi punya syahid (pendukung) dalam riwayat Thabrani dalam
Al-Kabir 11040 dari jalan Habib bin Abi Tsabit dari Mujahid dari Ibnu Abbas,
Habib seorang mudallis dan telah 'an-'anah, dengan syahid ini haditsnya
menjadi hasan, lihat Faqih AL-Mutafaqih 192-193 karena padanya terdapat
hadits dari jalan-jalan yang lain.
3. Lihat Risalatani Mujizatani fiz Zakati washiyami hal.23 Syaikh Abdul
Aziz bin Abdullah bin Baz Rahimahullah.
4. (4/153-Fath) hubunan dengan Mukhtashar Shahih Bukhari 451 karya Syaikh
kami Al-Albani Rahimahullah, dan Taghliqut Ta'liq 3/151-152.
5. Lihat maraji' di atas
6. Membasahi dengan air untuk mendinginkan badannya karena haus ketika
puasa.
7. Hadits Riwayat Abu Daud 2365, Ahmad 5/376,380,408,430 sanadnya shahih
Baca selengkapnya
Penuntut Ilmu Tidak Boleh Futur, Tidak Boleh Putus Asa Dan Waspada Terhadap Bosan

Penuntut Ilmu Tidak Boleh Futur, Tidak Boleh Putus Asa Dan Waspada Terhadap Bosan

kebanyakan dari kita adalah masih sebagai level penuntut ilmu namun kita kaya udah mau game over,,, banyak dari kita merasa jemu,malas,wegah dan nglelet,, sebenarnya itu adalah penyakit sebagian penuntut ilmu dan ahli ibadah,

berikut adalah nasehat dari Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas yang saya copaz dari http://www.almanhaj.or.id/content/2351/slash/0 sebagai catatan pribadi saya dan teman-teman yang lagi futur

Penuntut Ilmu Tidak Boleh Futur, Tidak Boleh Putus Asa Dan Waspada Terhadap Bosan

Jumat, 15 Februari 2008 11:18:08 WIB

PENUNTUT ILMU TIDAK BOLEH FUTUR


Oleh
Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas



Seorang penuntut ilmu tidak boleh futur dalam usahanya untuk memperoleh dan mengamalkan ilmu. Futur yaitu rasa malas, enggan, dan lamban dimana sebelumnya ia rajin, bersungguh-sungguh, dan penuh semangat.

Futur adalah satu penyakit yang sering menyerang sebagian ahli ibadah, para da’i, dan penuntut ilmu. Sehingga seseorang menjadi lemah dan malas, bahkan terkadang berhenti sama sekali dari melakukan aktivitas kebaikan.

Orang yang terkena penyakit futur ini berada pada tiga golongan, yaitu:

1). Golongan yang berhenti sama sekali dari aktivitasnya dengan sebab futur, dan golongan ini banyak sekali.

2). Golongan yang terus dalam kemalasan dan patah semangat, namun tidak sampai berhenti sama sekali dari aktivitasnya, dan golongan ini lebih banyak lagi.

3). Golongan yang kembali pada keadaan semula, dan golongan ini sangat sedikit. [1]

Futur memiliki banyak dan bermacam-macam sebab. Apabila seorang muslim selamat dari sebagiannya, maka sedikit sekali kemungkinan selamat dari yang lainnya. Sebab-sebab ini sebagiannya ada yang bersifat umum dan ada yang bersifat khusus.

Di antara sebab-sebab itu adalah.

1). Hilangnya keikhlasan.
2). Lemahnya ilmu syar’i.
3). Ketergantungan hati kepada dunia dan melupakan akhirat.
4). Fitnah (cobaan) berupa isteri dan anak.
5). Hidup di tengah masyarakat yang rusak.
6). Berteman dengan orang-orang yang memiliki keinginan yang lemah dan cita-cita duniawi.
7). Melakukan dosa dan maksiyat serta memakan yang haram.
8). Tidak mempunyai tujuan yang jelas (baik dalam menuntut ilmu maupun berdakwah).
9). Lemahnya iman.
10). Menyendiri (tidak mau berjama’ah).
11). Lemahnya pendidikan. [2]

Futur adalah penyakit yang sangat ganas, namun tidaklah Allah menurunkan penyakit melainkan Dia pun menurunkan obatnya. Akan mengetahuinya orang-orang yang mau mengetahuinya, dan tidak akan mengetahuinya orang-orang yang enggan mengetahuinya.

Di antara obat penyakit futur adalah.

1). Memperbaharui keimanan.
Yaitu dengan mentauhidkan Allah dan memohon kepada-Nya agar ditambah keimanan, serta memperbanyak ibadah, menjaga shalat wajib yang lima waktu dengan berjama’ah, mengerjakan shalat-shalat sunnah rawatib, melakukan shalat Tahajjud dan Witir. Begitu juga dengan bersedekah, silaturahmi, birrul walidain, dan selainnya dari amal-amal ketaatan.
2). Merasa selalu diawasi Allah Ta’ala dan banyak berdzikir kepada-Nya.
3). Ikhlas dan takwa.
4). Mensucikan hati (dari kotoran syirik, bid’ah dan maksiyat).
5). Menuntut ilmu, tekun menghadiri pelajaran, majelis taklim, muhadharah ilmiyyah, dan daurah-daurah syar’iyyah.
6). Mengatur waktu dan mengintrospeksi diri.
7). Mencari teman yang baik (shalih).
8). Memperbanyak mengingat kematian dan takut terhadap suul khatimah (akhir kehidupan yang jelek).
9). Sabar dan belajar untuk sabar.
10). Berdo’a dan memohon pertologan Allah. [3]

PENUNTUT ILMU TIDAK BOLEH PUTUS ASA DALAM MENUNTUT ILMU DAN WASPADA TERHADAP BOSAN

Sebab, bosan adalah penyakit yang mematikan, membunuh cita-cita seseorang sebesar sifat bosan yang ada pada dirinya. Setiap kali orang itu menyerah terhadap kebosanan, maka ilmunya akan semakin berkurang. Terkadang sebagian kita berkata dengan tingkah lakunya, bahkan dengan lisannya, “Saya telah pergi ke banyak majelis ilmu, namun saya tidak bisa mengambil manfaat kecuali sedikit.”

Ingatlah wahai saudaraku, kehadiran Anda dalam majelis ilmu cukup membuat Anda mendapatkan pahala. Bagaimana jika Anda mengumpulkan antara pahala dan manfaat? Oleh karena itu, janganlah putus asa. Ketahuilah, ada beberapa orang yang jika saya ceritakan kisah mereka, maka Anda akan terheran-heran. Di antaranya, pengarang kitab Dzail Thabaqaat al-Hanabilah. Ketika menulis biografi, ia menyebutkan banyak cerita unik beberapa orang ketika mereka menuntut ilmu.

‘Abdurrahman bin an-Nafis -salah seorang ulama madzhab Hanbali- dulunya adalah seorang penyanyi. Ia mempunyai suara yang bagus, lalu ia bertaubat dari kemunkaran ini. Ia pun menuntut ilmu dan ia menghafal kitab al-Haraqi, salah satu kitab madzhab Hanbali yang terkenal. Lihatlah bagaimana keadaannya semula. Ketika ia jujur dalam taubatnya, apa yang ia dapatkan?

Demikian pula dengan ‘Abdullah bin Abil Hasan al-Jubba’i. Dahulunya ia seorang Nashrani. Kelurganya juga Nashrani bahkan ayahnya pendeta orang-orang Nashrani sangat mengagungkan mereka. Akhirnya ia masuk Islam, menghafal Al-Qur-an dan menuntut ilmu. Sebagian orang yang sempat melihatnya berkata, “Ia mempunyai pengaruh dan kemuliaan di kota Baghdad.”

Demikian juga dengan Nashiruddin Ahmad bin ‘Abdis Salam. Dahulu ia adalah seorang penyamun (perampok). Ia menceritakan tentang kisah taubatnya dirinya: Suatu hari ketika tengah menghadang orang yang lewat, ia duduk di bawah pohon kurma atau di bawah pagar kurma. Lalu melihat burung berpindah dari pohon kurma dengan teratur. Ia merasa heran lalu memanjat ke salah satu pohon kurma itu. Ia melihat ular yang sudah buta dan burung tersebut melemparkan makanan untuknya. Ia merasa heran dengan apa yang dilihat, lalu ia pun taubat dari dosanya. Kemudian ia menuntut ilmu dan banyak mendengar dari para ulama. Banyak juga dari mereka yang mendengar pelajarannya.

Inilah sosok-sosok yang dahulunya adalah seorang penyamun, penyanyi dan ada pula yang Nashrani. Walau demikian, mereka menjadi pemuka ulama, sosok mereka diacungi jempol dan amal mereka disebut-sebut setelah mereka meninggal.

Jangan putus asa, berusahalah dengan sungguh-sungguh, mohonlah pertolongan kepada Allah dan jangan lemah. Walaupun Anda pada hari ini belum mendapatkan ilmu, maka curahkanlah terus usahamu di hari kedua, ketiga, keempat,.... setahun, dua tahun, dan seterusnya...[4]

Seorang penuntut ilmu tidak boleh terburu-buru dalam meraih ilmu syar’i. Menuntut ilmu syar’i tidak bisa kilat atau dikursuskan dalam waktu singkat. Harus diingat, bahwa perjalanan dalam menuntut ilmu adalah panjang dan lama, oleh karena itu wajib sabar dan selalu memohon pertolongan kepada Allah agar tetap istiqamah dalam kebenaran.

[Disalin dari buku Menuntut Ilmu Jalan Menuju Surga “Panduan Menuntut Ilmu”, Penulis Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Penerbit Pustaka At-Taqwa, PO BOX 264 – Bogor 16001 Jawa Barat – Indonesia, Cetakan Pertama Rabi’uts Tsani 1428H/April 2007M]
__________
Foote Notes
[1]. Lihat al-Futur Mazhaahiruhu wa Asbaabuhu wal ‘Ilaaj (hal. 22).
[2]. Lihat al-Futur Mazhaahiruhu wa Asbaabuhu wal ‘Ilaaj (hal. 43-71).
[3]. Ibid (hal. 88-119) dengan diringkas.
[4]. Ma’aalim fii Thariiq Thalabil ‘Ilmi (hal. 278-279
Baca selengkapnya
Diberdayakan oleh Blogger.