21 Oktober, 2008

Penyingkatan Ucapan Salam dalam Dunia Maya

Penyingkatan Ucapan Salam dalam Dunia Maya

Assalaamu’alaykum warahmatullahi Wabarakatuh sebuah doa untuk saudara kita saat kita berjumpa dengan mereka, berpisah, saat sedag catting via internet, sms, e-mail dan komunikasi tulis lainnya, dan juga saat kita komunikasi audio visual ato juga saat telepon dengan mereka.

Nah ada fenomena salam yang mungkin kita tidak menyadari hal itu yang sebenarnya sangat tidak baik hasilnya (padahal niat dari kita adalah baik sebagai doa), fenomena ini sering dalam komunikasi Teks bisa lewat Ym, catting Mirc. E-mail dan yang paling sering dan parah adalah SMS.

Sering kita melihat dan mungkin malah terbiasa dengan hal ini menyingkat (karena dalam komunikasi teks maka kita katakan lafadz) lafadz salam (Assalaamu’alaykum warahmatullahi Wabarakatuh ) dengan sesingkat mungkin karena alasan-alasan tertentu kalo di sms kebanyakan alasan adalah keterbatasan karakter (160 karakter /SMS) akan “memaksa” kita semua untuk selalu menyingkat lafadz salam Assalaamu’alaykum warahmatullahi Wabarakatuh menjadi yang lebih pendek dan tentunya demi menghemat pulsa kita. Tapi sebenarnya para Ulama memandang hal ini bagaimana yach?

Saya kebetulan juga punya rekan-rekan komunikasi teks yang sering menyingkat salam (walau kadang saya juga melakukannya he,,,he,,, tapi saya dah tobat) kebanyakan dari mereka mempunyai alasan masing-masing dari yang karena biaya sampai ke alasan gaul (kemakan iklan promo salah satu provider GSM IM***** dari Ind**********), kalo saya dulu karena alasan waktu.

Yang paling tidak bisa di terima adalah alasan “gaul” kata mereka semakin banyak kata yang mampu kita singkat kita mendapat predikat gaul ala tulis sms (he,,,he,,,he,,) capek dech,,,

Pernah saya ada kesempatan diskusi dengan salah satu teman via YM dalam awal pembicaran saya mengucapkan salam secara lengkap Assalaamu’alaykum warahmatullahi Wabarakatuh kemudian dia menjawab wslmkm dan sebelum melanjutkanpembicaraan saya menjawab salam saya sendiri wa’alaikumsalam waohmatullahi wabarokatuh dia menjawab anda sudah tau mau maksud saya kan? Dia bilang gitu,, anda muslimkan? E dia malah tanya gitu,,,

Dari contoh di atas terjadi pergeseran makna atau pemahaman tentang salam itu, kebanyakan dari kita dengan eneknya dan tanpa dosa bilang “SST” sama-sama tau lah. Mungkin kalo itu gak menyakut agama sich no what-what,, alias gak apa-apa, namun hal ini jangan pula menjadi bersikap ekstrim dalam hal ini kita harus lebih bijak memberithu mereka yang belum tau tentang ini

Bagikan

Jangan lewatkan

Penyingkatan Ucapan Salam dalam Dunia Maya
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Diberdayakan oleh Blogger.