Rambut Rontok Berjilbab, Siapa Takut !!! - Catatan Al_Fakir

22 Desember, 2008

Rambut Rontok Berjilbab, Siapa Takut !!!

Penulis: Ummu Salamah

Bagi wanita, rambut adalah mahkota tubuh. Akan tetapi, bagi wanita berjilbab rambut merupakan salah satu aurat yang harus ditutupi. Kendati demikian, bukan berarti rambut wanita berjilbab tidak dirawat, bahkan justru harus lebih diperhatikan. Jika terlalu sering ditutup rambut akan lembab dan “kepanasan” sehingga bisa menimbulkan kerontokan dan mengundang ketombe.


Sebenarnya kerontokan merupakan proses alamiah bagi rambut. Akan tetapi, jika berlangsung terus-menerus, kerontokan akan mengakibatkan kebotakan. Jika kerontokan rambut berkisar antara 80 hingga 100 helai per hari, ini masih dianggap wajar. Tetapi jika melebihi 100 helai rambut per hari, baru dikatakan tidak normal.

Kerontokan Rambut dan Penyebabnya

Banyak faktor yang menyebabkan kerontokan rambut. Di antaranya pemakaian sampo yang tidak tepat, sering dikuncir, atau langsung mengenakan jilbab segera setelah keramas tanpa mengeringkannya dulu.

Selain itu, pemakaian obat-obatan yang salah juga bisa menyebabkan kerontokan, terutama dari jenis obat yang berfungsi mencairkan darah. Penyakit juga dapat mengakibatkan kerontokan rambut di antaranya adalah tifus, penyakit yang timbul akibat terlalu banyak mengonsumsi vitamin A, atau penyakit yang kekurangan berbagai zat penting seperti Zinc (terkadang dijumpai pada vegetarian). Ketegangan atau tekanan jiwa (stres), dan gangguan psikis lainnya juga bisa menjadi sebab terjadinya kerontokan rambut.

Tips Merawat Rambut

Rambut yang sering ditutupi jilbab biasanya mudah berkeringat dan sangat lembab. Terlebih jika wanita berjilbab ini mempunyai aktivitas yang sangat tinggi. Berikut ini tips yang bisa ukhtiy gunakan untuk mencegah kerontokan pada rambut:

  1. Keramas secara teratur
  2. Rajin menyisir rambut (3 x dalam sehari). Dengan menyisir rambut sama halnya dengan melakukan pemijitan kulit kepala, yang berarti dapat membantu kelancaran peredaran darah.
  3. Gunakan sisir plastik yang bergigi jarang.
  4. Hindari menarik garis belahan rambut hanya pada 1 sisi, karena kerontokan bisa berawal di garis belahan rambut.
  5. Hindari mengikat rambut dengan ikatan yang kencang, apalagi dengan menggunakan karet gelang. Hal ini akan mengakibatkan trauma bagi rambut. Gunakan ikat rambut yang berlapis kain untuk mengikat rambut.
  6. Jangan biarkan rambut terikat terus.
  7. Hindari memakai kerudung/jilbab saat rambut dalam keadaan basah. Karena akan mempertinggi kadar kelembaban rambut yang menyebabkan rambut menjadi rontok.
  8. Sampo yang digunakan pun harus sesuai dengan kondisi rambut berjilbab. Sebaiknya memakai sampo yang banyak mengandung sari lidah buaya. Tanaman itu berkhasiat memperbaiki pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Bisa pula memakai sampo kelapa hijau dan yang berasal dari sari akar wortel.

Wallahu a’lam bishowab.

***

Artikel www.muslimah.or.id

Maroji’:

  1. Sentuhan Nilai Kefikihan untuk Wanita Syekh Dr. Shaleh bin Fauzan bin Abdullah al-Fauzan
  2. Kafemuslimah.com
  3. Atti Melati K. (Pikiran Rakyat)

maya
7th April 2008 pukul 9:02 pm

syukran infonya., ana ada tips untuk muslimah yg ingin memanjangkan rambut, lagipula seorang muslimah tidak boleh pendek rambutnya, minimal dibawah bahu.. untuk mengurangi rambut rontok, biasanya ana keramas tiap hari (sore), truss.., tiap hari sabtu/minggu, ana pake lidah buaya pada kulit kepala., sorenya dicuci… InsyaAllah rambut ana baik2 aja

ummu abdirrahman
16th April 2008 pukul 2:59 am

Tips cepat mengeringkan rambut agar rambut tidak rusak
1. bungkus rambut dengan handuk sebentar, jangan menggosok rambut dengan handuk
2. jangan gunakan conditioner saat rambut ingin cepat kering karena conditioner memperlama pengeringan rambut
3. gunakan hairdryer dengan jarak minimal 10 cm. Usahakan hairdryer selalu bergerak agar semprotan udara panas tidak mengarah pada satu bagian rambut saja. Jika perlu gunakan ‘hair protectant’ sebelum menggunakan hairdyer
4. bisa menggunakan bantuan kipas angin jika hairdyer tidak ada
5. sisiri rambut dengan jari-jemari ketika proses pengeringan rambut sampai rambut kering 80 %. Jika rambut sudah tidak menyangkut pada jemari, berarti ukhty sudah bisa menggunakan sisir untuk menyisiri rambut
Mudah kan?Met mencoba ya


ummu abdirrahman
16th April 2008 pukul 3:17 am

Untuk ukhti rahmi
Kalo boleh tahu perawatan rambut apa yang sudah dilakukan dan apa jenis rambut anda?
Perawatan rambut sebaiknya disesuaikan dengan jenis rambut.
1. Dalam pemilihan sampo, gunakan yang cocok untuk jenis rambut
2. Usahakan sampo natural dengan kandungan detergen yang sedikit
3. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pijat terlebih dahulu kulit kepala sebelum menggunakan conditioner atau sampo
4. Keramas yang ideal adala 2-3 kali seminggu, tambahkan juga conditioner pada ujung rambut
5. Lakukan pengeringan rambut dengan aman (seperti comment saya sebelumnya)
6. Yang paling penting adalah asupan makanan yang dikonsumsi. Makanlah makanan yang mengandung banyak protein seperti susu, kacang-kacangan dan ikan. Hal ini disebabkan protein berpengaruh pada pertumbuhan sel-sel rambut.
7. Gunakan pewarna rambut alami pada rambut beruban
8. Untuk rambut yang mulai menipis, pilihlah tonik yang aman dan cocok. Bisa menggunakan minyak kemiri pada kulit rambut dan didiamkan sekitar 10 menit sebelum keramas. Minyak kemiri ini juga bisa digunakan setiap hari untuk merawat rambut. Minyak kemiri sudah terbukti secara ilmiah merangsang pertumbuhan rambut
10. Pilih sisir yang cocok untuk rambut dan berkualitas baik. Jangan gunakan sisir yang sudah patah beberapa giginya. Ada beberapa jenis sisir, nanti mungkin akan saya paparkan sedikit insyaAllah
Semoga Allah mudahkan. Barakallahu fiik


rere
23rd April 2008 pukul 11:01 pm

ada resep yang alhamdulillah sudah pernah saya coba dan berhasil. tahu asam jawa ? itu loh yg biasa kita pakai untuk masak dlm jumlah yg agak banyak, santan kur lebih 1 ltr dari 1 butir kelapa, dan daun semanggi. ini mungkin agak susah dicari. biasanya tumbuh di sekitar rumputdi tempat yg agak lembab, cari yang daunnya mengkilat dan agak tebal.Cara memakainya: campur bahan2 tersebut dalam baskom, dan siram ke kepala kita sambil pelan2 dipijat. ulang2 kur lebih 15 mnt.Setelah itu keramas smpi bersih. Mudah2an bermanfaat.
semua jenis ketombe basah atau kering bisa sembuh.


Bagikan

Jangan lewatkan

Rambut Rontok Berjilbab, Siapa Takut !!!
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

SILAHKAN BERKOMENTAR UNTUK KASIH MASUKAN

Diberdayakan oleh Blogger.