23 Mei, 2012

Puasa dibulan Rajab bolehkah?

Jawabnya boleh asal tidak mengkhususkan atau meyakini ada kelebihan dalam bulan ini atau menyandarkan beberapa ucapan atau yang dibilang hadits  (namun sebenernya bukan) kepada Nabi Muhammad :)

Pengharaman mutlak puasa pada bulan rajab juga ndak bisa dibenarkan (setidaknya menurut saya), Tidak mengapa puasa pada bulan Rajab, seperti puasa senin kamis dan ayyamul bidh(tanggal 13,14,15 bulan hijriah), sebab ini semua memiliki perintah secara umum dalam syariat. Tidak mengapa sekedar memotong hewan untuk disedekahkan, yang keliru adalah meyakini dan MENGKHUSUSKAN ibadah-ibadah ini dengan fadhilah tertentu yang hanya bisa diraih di bulan Rajab, dan tidak pada bulan lainnya. Jika seperti ini, maka membutuhkan dalil shahih yang khusus, baik Al Quran atau As Sunnah yang shahih.

“Tidak ada yang shahih tentang larangan berpuasa pada bulan Rajab, dan tidak shahih pula mengkhususkan puasa pada bulan tersebut, tetapi pada dasarnya berpuasa memang hal yang disunahkan. Terdapat dalam Sunan Abu Daud bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallammenganjurkan berpuasa pada asyhurul hurum (bulan-bulan haram), dan Rajab termasuk asyhurul hurum. Wallahu A’lam [Imam An Nawawi ]

 http://widiy.blogspot.com/
Catatan Al_Fakir

Bagikan

Jangan lewatkan

Puasa dibulan Rajab bolehkah?
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

SILAHKAN BERKOMENTAR UNTUK KASIH MASUKAN

Diberdayakan oleh Blogger.