06 Januari, 2016

Tidak tau Pasti Dimaafkan Edisi Bahasa Jawa


Bisakah orang yang tidak tahu alias bodoh pada suatu amalan dihukumi dosa? Apakah setiap tindakan tidak tahu pasti dimaafkan?
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin pernah ditanya tentang hal ini, “Kebanyakan kami dengar bahwa seseorang bisa diberi uzur karena kebodohan. Kalau memang ada uzur karena tidak tahu, apa syaratnya bisa dikatakan sebagai uzur dalam masalah hukum syari’at?”
Syaikh Muhammad rahimahullah menjawab bahwa bodoh (jahel) –semoga Allah berkahi yang bertanya- artinya tidak memiliki ilmu.
Terkadang seseorang diberi uzur ketika tidak tahu dalam hal lampau, bukan saat ini. Contoh hadits Bukhari-Muslim dari sahabat Abu Hurairah bahwa ada seseorang yang shalat tanpa thuma’ninah (artinya: cepat-cepat). Lalu ia datang menghampiri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sambil mengucapkan salam. Kemudian Rasulshallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan padanya,
Ulangilah shalatmu karena engkau sebenarnya belum shalat.” Seperti itu terjadi berulang sampai tiga kali. Lantas orang itu berkata pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Demi yang mengutusmu dengan membawa kebenaran, sebelumnya aku tidak pernah melakukan seperti ini. Ajarkanlah aku (bagaimana shalat yang benar).”
Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas mengajarkan dia, namun untuk shalat yang sudah berlalu tidak diperintahkan untuk diqadha’. Karena dahulu ia tidak tahu (jahel). Ia hanya diperintah untuk mengulangi shalat saat ini saja.
Misalnya, ada seseorang tidak menunaikan shalat di masa silam karena ia berada di pelosok yang jauh misalnya, tidak ada tempat untuk bertanya, maka shalatnya yang dulu-dulu tidak perlu diqadha’ karena dia adalah orang yang diberi maaf.
Adapun di negeri yang memiliki ulama, lalu ia luput dari suatu pelajaran, maka seperti itu tidaklah ada uzur ketika bodoh (tidak tahu).
Masalah seperti ini sering didapati pada permasalah pada wanita yang sebenarnya telah haidh. Dahulu ia menyangka bahwa disebut baligh itu ketika sudah mencapai usia 15 tahun. Lantas ia meninggalkan puasa karena menganggap dirinya belum baligh. Setelah itu ia bertanya, lalu dihukumilah ia telah baligh (dewasa). Misalnya sekitar dua atau tiga tahun tidak berpuasa, apakah puasanya mesti diqadha’?
Di sini mesti dilihat, apakah ia hidup di negeri yang ada tempat untuk bertanya pada ahli ilmu, berarti ia orang yang lalai, tetap ada qadha’.
Adapun jika ia berada di tempat yang jauh dari ulama, seperti orang-orang nomaden, maka ia tidak ada kewajiban qadha’.  Kondisi ini menunjukkan ia mendapatkan uzur karena tidak ada rujukan baginya untuk bertanya. Juga ilmu syar’i belum tertanam di negeri tersebut. Ia dimaafkan dalam kondisi ini.
Allah Ta’ala berfirman,
 “Dan Kami tidak akan meng’azab sebelum Kami mengutus seorang rasul.” (QS. Al-Isra’: 15)
Juga dalam ayat,
 “Dan tidak adalah Tuhanmu membinasakan kota-kota, sebelum Dia mengutus di ibukota itu seorang rasul yang membacakan ayat-ayat Kami kepada mereka; dan tidak pernah (pula) Kami membinasakan kota-kota; kecuali penduduknya dalam keadaan melakukan kezaliman.” (QS. Al-Qashash: 59)

 
https://rumaysho.com/12673-tidak-tahu-pasti-dimaafkan.html


Bahasa Jawa

Punopo saget piyantun ingkang mboten mangertosi utawi bodo ing pamukawis amalan dipun hukumi doso? Punopo saben pandamelan mboten mangertosi pesti dipun apuntenaken ?

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin nate dipundangu babakan pamukawis puniki. "Biasanipun kito sedoyo mireng menawi piyantunipun saget dipun paringi uzur keranten mboten mangerosi, menawi mekaten wonten uzur keranten mboten mangertosi, punopo syaratipun supados saget dipun golongaken dados uzur ing oamukawis hukum syariat ?

Syaikh Muhammad Rahimullah mangsuli menawi bodo (jahil), -- mugi-mugi Allah berkahi tiyang ingkang tangklet- artosipun mboten gadahi ngelmi.

Kadangkolo piyantun dipunparingi uzur minokolo mboten mangertosi dalem pamukawis kepengker, sanes pamukawis sakmeniko. Contonipun hadits Bukhari-Muslim Saking sahabat Abu Hurairah menawi wonten piyantun ingkang sholat mboten thuma ninah utawi tumunten, lajeng piyambakipun ngrawuhi kanjeng Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa salam kaliyan uluk salam, lajeng Rasulullahu alaihi salam ngendika dumateng piyambakipun,
"Wangsulono sholatmu amargo sampean sayektose dereng sholat"  mekaten kadadosan ngaping tigo, Lajeng tiyang meniko wicanten dumateng Nabi Shallahu 'alaihi wa salam "Kagem ingkang ngutus panjenengan kanti mbekto keleresan, saderengipun kulo mboten nate numindake mekaten, Panjengengan wucalaken kawulo (kados pundi sholat ingkang Leres".
Rasulullahu 'alaihisalam lajeng mucali piyambake, nangin kagem solat ingkang sampun kadadosan mboten dipundawuhi qodho. Amargi rumiyin piyambake mboten mangertosi [jahil]. Piyambake namun dipundawuhi kagem mangsuli sholat sakmeniko kemawon.

Kadosto perkawis ingkang asring pinanggil tiyang estri ingkang sawadaripun sampun hadi. Rumiyin piyambake nginten menawi baligh puniko naliko sampun yuswo 15 taun. Lajeng piyambake ninggalaken poso amargi nganggep piyambake dereng baligh. Lajeng piyambake tangklet, lajeng dipunhukumi sampun baligh. Wetawis kirang langkung kaleh utawi tigo taun mboten poso. punopo posonipun kedah diqadha'
Ing Mriki kedah dipuntingali, punopo piyambake manggen ing  negari ingkang  wonten papan kangge tangklet kalian ahli ngelmi [ulama], ingkang artosipun piyambake kagolong tiyang ingkang  lalai, tetep wonten qahda'.

Wodening menawi piyambakae ing papan panggonan ingkang tebih saking ulama, kados tiyang-tiyang nomaden, milo piyambake mboten wonten kewajiban qadha'. Kawontenan niki dadosaken piyambake angsal uzur amargi mboten wonten rujukan kagem tetakenan. Ugi ngilmu syari dereng wonten ing nagari kasebat. piyambake dipunapunten ing dalem kawontenan mekaten.

Allah Ta'ala paring pangandikan
"Lan Ingsun ora nyiksa sawijining kaum, kajaba yen Ingsun wis ngutus Utusan marang kaum mau" 




 
 
  http://widiy.blogspot.com  

Catatan Al_Fakir

Bagikan

Jangan lewatkan

Tidak tau Pasti Dimaafkan Edisi Bahasa Jawa
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

SILAHKAN BERKOMENTAR UNTUK KASIH MASUKAN

Diberdayakan oleh Blogger.