17 Februari, 2011

Salah Komunikasi atau Gak Ada Komunikasi

Ibarat ngomong sama tembok itulah perumpamaan yang kurang lebih semisal jika terjadi salah komunikasi, bagaiamana tidak dua dari orang yang berkomunikasi tidak mendapatkan pesan yang hendak disampaikan oleh penyampai pesan, lebih ribet kalo hal ini melibatkan orang ketiga yang berkepentingan dalam hal itu,

    Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain. 

Miss Komunikasi adalah suatu proses  adanya kesalahpahaman antara kedua belah pihak dalam mencerna proses komunikasi, sehingga antara pesan yang disampaikan dengan pesan yang diterima berbeda penafsiran atau arti. Miss Komunikasi dapat menyebabkan tidak tercapainya tujuan atau misi yang hendak di capai.
     Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya Miss Komunikasi, yakni dapat disebabkan dari faktor luar rangkaian unsur proses komunikasi, ataupun tidak lengkapnya pesan komunikasi itu disampaikan. Faktor yag sering dialami adalah adanya gangguan pada unsur Channel (Media) yang menyebabkan tidak adanya Feedback (Umpan Balik) pesan yang disampaikan, atau malah Feedback yang timbul tidak sesuai dengan tujuan pesan yang disampaikan di awal. Ketika Feedback yang diterima berbeda dengan tujuan awal pesan disampaikan, maka akan terjadi kesalahpahaman atau salah koordinasi antara “si penyampai pesan” dengan “si penerima pesan”. (http://ziza07arta.blogspot.com)

Beberapa aspek yang bisa menyebabkan hal ini kurangnya empati entah itu dari penyampai infomasi atau yang diberi informasi, empati adalah urusan pribadi masing-masing, namun hal ini tidak berarti tidak bisa diperbaiki, hal ini bisa dipelajari dan ditingkatkan. 


Empati 
Empati berasal dari bahasa Yunani yang berarti “ketertarikan fisik”. Sehingga dapat didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengenali, mempersepsi, dan merasakan perasaan orang lain. 

Menurut KBBI, empati adalah keadaan mental yang membuat seseorang mengidentifikasi atau merasa dirinya dalam keadaan perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain.

Sedangkan Eileen R. dan Sylvina S (Kompas, 18 Nop.2006) menjelaskan bahwa empati adalah kegiatan berpikir individu mengenai “rasa” yang dia hasilkan ketika berhubungan dengan orang lain. 

Jadi agar kita terhindar dari miss komunikasi kita harus berempati, mendegar dan bersabar dan kalaupun tidak memahami maksud dari pesan itu, lebih baik kita bertanya ulang dan meminta penjelasan yang mudah dan dapa kita mengerti, kepedulian inilah yang akan membuat kita akan lebih meminimalisir hal hal yang tidak diinginkan.




  http://widiy.blogspot.com/

Bagikan

Jangan lewatkan

Salah Komunikasi atau Gak Ada Komunikasi
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

SILAHKAN BERKOMENTAR UNTUK KASIH MASUKAN

Diberdayakan oleh Blogger.