24 Februari, 2011

DVI (Digital Visual Interface)


Digital Visual Interface (DVI) adalah video antarmuka standar yang dirancang untuk memberikan kualitas visual tinggi pada perangkat seperti panel datar LCD display komputer dan digital proyektor . Ini dikembangkan oleh industri  untuk menggantikan "analog" VGA konektor standar.

Hal ini dirancang untuk menhandle digital data video terkompresi ntuk sebuah Perangkat layar LCD atau proyektor digital. Hal ini sebagian kompatibel dengan High-Definition Multimedia Interface HDMI) standar (dalam modus digital (DVI-D), dan VGA dalam modus analog (DVI-A).




DVI menggunakan protokol digital di mana pencahayaan yang diinginkan dari pixel ditransmisikan sebagai binary data. Ketika layar didorong pada yang resolusi native , itu akan membaca setiap angka dan mengaplikasikan kecerahan tersebut ke pixel yang sesuai.

Dengan cara ini, setiap pixel dalam buffer output dari perangkat sumber sesuai langsung ke satu pixel dalam perangkat layar, sedangkan dengan sinyal analog penampilan setiap piksel dapat dipengaruhi oleh piksel yang berdekatan maupun oleh noise listrik dan bentuk-bentuk lainnya analog distorsi


DVI dan HDMI

DVI adalah sebagian besar kompatibel dengan HDMI . Perbedaan utama adalah bahwa DVI biasanya tidak membawa data audio dalam  TMDS channel, meskipun semakin, hardware modern video PC menyediakan audio (misalnya, kartu oleh NVIDIA  dan ATI ] ), yang memungkinkan PC untuk mengirim data audiovisual melalui DVI kabel ke televisi definisi tinggi dengan input HDMI.

Jika PC DVI output audio tidak mendukung HDMI, adaptor mungkin diperlukan untuk mengkombinasikan sinyal video DVI dengan audio analog atau digital.

Panjang maksimal kabel DVI tidak termasuk dalam spesifikasi karena tergantung pada kebutuhan bandwidth (resolusi gambar sedang dikirim). Secara umum, kabel panjang sampai 4,5 m (15 kaki) akan bekerja untuk menampilkan pada resolusi 1.920 × 1.200. Resolusi ini akan bekerja bahkan sampai 10 m (33 kaki) jika kabel yang sesuai digunakan. panjang kabel hingga 15 m (50 ft) dapat digunakan dengan menampilkan pada resolusi hingga 1.280 × 1.024. Untuk jarak jauh, penggunaan booster DVI dianjurkan untuk mengurangi degradasi sinyal. penguat DVI dapat menggunakan catu daya eksternal.




Seperti halnya sinyal digital, konektor DVI termasuk pin menyediakan sinyal analog yang sama ditemukan pada konektor VGA, yang memungkinkan sebuah monitor VGA untuk dihubungkan dengan adaptor plug sederhana (atau dengan tujuan khusus DVI-A atau DVI-I ke kabel VGA ). Fitur ini dimasukkan dalam rangka untuk membuat DVI universal, karena memungkinkan kedua jenis monitor (analog atau digital) untuk dioperasikan dari konektor yang sama.
Konektor DVI pada perangkat karena itu diberikan salah satu dari tiga nama, tergantung pada sinyal itu menerapkan:

DVI-D (digital saja)
DVI-A (analog)
DVI-I (terpadu - digital dan analog)








Spesifikasi

Minimum frekuensi clock: 25,175 MHz
link maksimum Single data rate termasuk overhead 8B/10B adalah 4,95 Gb / s @ 165 MHz. Dengan 8B/10B overhead dihapus, data rate maksimum adalah 3,96 Gb / s.
Dual link maksimum kecepatan data hanya dibatasi oleh batas-batas bandwidth dari tembaga kabel DVI dibangun dan oleh sumber sinyal DVI itu.
Pixels per siklus clock: 1 (link tunggal di 24 bit atau kurang per pixel, dan link dual di antara 25 dan 48 bit per pixel inklusif) atau 2 (link dual 24 bit atau kurang per pixel)
Bit per pixel:
24 bit per pixel dukungan adalah wajib di semua resolusi yang didukung.
Kurang dari 24 bit per pixel adalah opsional.
Sampai dengan 48 bit per pixel yang didukung di link DVI dual. Jika modus lebih besar dari 24 bit per pixel diinginkan, bit paling signifikan dikirim pada link kedua.
Contoh tampilan mode (link tunggal):

  • HDTV (1.920 × 1.080) @ 60 Hz dengan CVT-RB blanking (139 MHz)
  • UXGA (1.600 × 1.200) @ 60 Hz dengan GTF blanking (161 MHz)
  • WUXGA (1.920 × 1.200) @ 60 Hz dengan CVT-RB blanking (154 MHz)
  • SXGA (1.280 × 1.024) @ 85 Hz dengan GTF blanking (159 MHz)
  • WXGA + (1440 × 900) @ 60 Hz (107 MHz)
  • WQUXGA (3840 × 2.400) @ 17 Hz (164 MHz)



dari berbagai sumber :)
wiki
google. dll

http://widiy.blogspot.com/

Bagikan

Jangan lewatkan

DVI (Digital Visual Interface)
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

SILAHKAN BERKOMENTAR UNTUK KASIH MASUKAN

Diberdayakan oleh Blogger.