19 Juli, 2016

DIY BioCarbon AlgaCleaner Aquascape


Sebelum tulisan ini saya buat saya sudah membuat dan mencobanya, sebelum membaca lebih jauh kalo anda adalah penjual, atau master dalam aquascape sebaiknya anda tinggalkan tulisan ini, karena tulisan ini hanya tulisan nubitol dalam aquascape dengan budget minim alias gak punya duit banyak untuk masuk ke anggaran aquascape.

Sebelum jauh melangkah, untuk peratalan yang saya pakai  beserta spek aquariumnya agar saya juga ingat dan anda juga tau peralatan saya serba DIY

ukuran aquarium 60*30*40 dengan lampu LED DIY 76W satu Fan Bekas komputer dan Filter samping :D DIY CO2, PUPUK DIY, pupuk dasar Pupuk Petroganik [oragnik yang biasa dipakai Petani] pasir malang dan paling atas SOIL lokal yang bikin kabut awan kinton  menutupi tanaman , mudah sekali hancur dan bikin KERUH.

Nyala Lampu dari jam 17.50 sampai 23.30 dan 05 .00 sampai 07.30 [tidak pasti] ya lumayan lama makanya keserang alga  yang ckup parah,

Alga yang menyerang saya cukup parah biasa saya ambilin pakai tangan langsung, saking parahnya  pernah beberepa kali saya temui moly dan neon terjebak dalam alqa, dan tidak bisa keluar akhirnya mati terjebak alga, ada beberapa jenis alga yang menyerang aquarium saya, alga rambut dan alga hitam  yang menempel di kayu kayu dan daun tanaman [ini yang paling sulit]


Ada teman teman menyarankan untuk mencari penyebabnya apa, ya bagi saya sudah jelas penyebabnya ketidakseimbangan ekosistem, tapi yang belum jelas ekosistem yang mana dan lebih spesifik faktor apa yang itu saya belum nemu, karena dari situ bisa diketahui dan ditemukan obat yang mujarab untuk mengatasi masalah dan menghentikan masalah agar kemudian hari tidak timbul masalah ini lagi, tapi kalo saya menggunakan metode ini saya bakalan repot saya harus mengukur semua parameter air co2 dan mineral mineral dalam air wah bisa makan biasaya banyak  :D ini efektif api tidak tepat untuk saya gunakan,

Pilihan penangan saya menggunakan cara bar bar tidak beraturan  :D saya adjust sedikit turun semua parameter dan segala sesuatu yang bisa saya turunkan,


Pertama kecurigaan saya adalah over pupuk, ya dalam masa pertumbuhan seperti awal penanaman memang tidak perlu banyak pupuk,karena masih tersuplai banyak dari pupuk dasar dan soil, dan memang sih saya over yang harusnya saya kasih itungan -itungan ppmnya 1dosis saya tingkatkan jadi 2kali lipat dari dosis sesungguhnya. sekalian tes efek sampingnya DIY pupuk ini, Oke jadinya yang tadinya setiap hari saya berikan 2dosis ppuk saya kurangi 1Dosis saja,

Kemudian lampu banyak yang bilang lampu saya bakal bikin gosong tanaman karena terlalu High, ya pada kenyataannya tidak ada yang gosong cuma alga yang menyerang :D, untuk treadmen kali ini lampu saya turunin dari jam 18.00 sampai 20.45.


Treadmen  ini saya lakukan selama seminggu dibarengi dengan pemberian BioCarbon DIY saya ini,

Dosis BioCarbon 1dosis setiap hari menurut hitunganya adalah 2ml untuk aquarium saya, senagaja saya masukin 2 sampai 3 kali lipat diawal :D dan ini efeknya
  • Udang aman
  • Ikan Aman
  • Keong aman,
  • Taneman Mos dan Anubias menunjukan efek yang tidak baik, menguning atau tidak baik atau tidak seperti biasanya, efeknya pada daun yang paling atas atau paling terbuka ke sinar,
  • HG aman, MOnte aman Babytears aman
Dosis 3 kali lipat ini saya berikan 1 hari dipagi hari, 2 hari kemudian udah kelihatan efeknya ke Alga rambut jadi mudah diambil yang sebelumnya kuat kaya senar pancing kini mudah putus, dan warnanya pada sudah berubah jdai gak ijo, tapi jadi warnanya kaya putih pucet .

Setelah tau efeknya saya hentikan pemberian dosis berlebih ini, saya berikan dosis sesmestinya yaitu 50liter per 1ml artinya tiap 50liter saya beri 1 mliter bio carbon DIY ini,

Hari ke ke empat dan kelima hair alga sudah banyak atau bisa dikatakan  mati tapi masih menempel di tanaman dan mos,  kini tugasnya si udang satu biji sama si cae satu ekor, kebetulan mau mudik lebaran jadi aquarium bakal say tinggal kurang lebih 10 hari , intensesitas lampu saya seting setengahnya yang biasanya 70anW saya buat 32aja, saya matikan satu jalur, durasinya say buat pendek dari jam 18.00 sampai jam 21.00 aja,


kejutan setalah saya kembali dari mudik lebaran aquarium sudah bersih dari alqa rambut dan alga hitam  [BBA] padahal sebelumnya nich alga susah banget dicabut pakai pinset aja tidak bisa.



 
  http://widiy.blogspot.com  

Catatan Al_Fakir

Bagikan

Jangan lewatkan

DIY BioCarbon AlgaCleaner Aquascape
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

SILAHKAN BERKOMENTAR UNTUK KASIH MASUKAN

Diberdayakan oleh Blogger.